TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kian Ketat, Elektabilitas Prabowo Salip Ganjar di Jatim

Koen milih sopo rek?

Survei ARCI di Jatim, elektabilitas Capres 2024. Dok. ARCI

Surabaya, IDN Times - Elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra yang juga Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto di Jawa Timur (Jatim) terus menguat. Bahkan, berdasarkan hasil survei Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) terbaru, nama telah Prabowo menyalip Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meski hanya berselisih tipis.

"Prabowo (21,7 persen) masih teratas di Jatim, unggul tipis atas Ganjar Pranowo (21,4 persen)," ujar Direktur ARCI, Baihaki Siraijt saat memaparkan hasil survei di Surabaya, Senin (19/9/2022). 

1. Prabowo unggul di Tapal Kuda

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Secara rinci, Baihaki menjelaskan kalau Prabowo unggul di kawasan Tapal Kuda atau Jawa Timur bagian Timur. Nah, wilayah ini diketahui merupakan basis nahdliyin atau warga Nahdlatul Ulama (NU). Dia melihat, unggulnya Prabowo di wilayah tersebut lantaran kadernya getol turun.

"Prabowo unggulnya di daerah Tapal Kuda, di Madura. Karena basisnya sejak dulu di sana. Ditambah kader-kader Gerindra di Tapal Kuda ini sangat bergeliat," kata dia.

Baca Juga: Anies Dijegal Nyapres, PDIP: Kita Gak Terlibat, Apalagi Pak Jokowi! 

2. Digandengkan Khofifah, Prabowo makin melejit

Survei ARCI di Jatim, elektabilitas Capres 2024. Dok. ARCI

Lebih lanjut, saat disimulasikan dengan sejumlah nama cawapres, Prabowo tetap unggul. Saat digandengkan dengan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa (29,9 persen) atau dengan Ketum PKB Muhaimin Iskandar (25,4 persen), Prabowo tetap mengungguli Ganjar Pranowo. 

"Faktor lain juga Prabowo sudah menyatakan dirinya akan maju lagi di Pilpres 2024. Hal ini membuat angka elektabilitas beliau naik. Sedangkan Ganjar belum jelas, partainya dari mana. Sementara Anies Baswedan masih kurang laku di Jatim," Baihaki menambahkan.

Baca Juga: Survei: Elektabilitas Prabowo Paling Tinggi, Kalahkan Anies dan Ganjar

Berita Terkini Lainnya