TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Demo di Surabaya Berakhir, Mahasiswa Siap Tagih Janji DPRD Jatim

Aksi berlangsung sekitar 2 jam

IDN Times/Ardiansyah Fajar

Surabaya, IDN Times - Aksi menolak pengesahan UU KPK, RKUHP dan RUU Pertanahan yang dilakukan mahasiswa Surabaya berlangsung singkat, Rabu (25/9). Para massa yang tiba sekitar pukul 11.00 WIB membubarkan diri sekitar 13.45 WIB.

Massa membubarkan diri secara tertib usai Ketua DPRD Jatim sementara Kusnadi melepas baju dan menegaskan secara pribadi satu visi dengan mereka.

1. Mahasiswa tegaskan independen

IDN Times/Ardiansyah Fajar

Presiden BEM Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Cahya Nugraha mengaku aksi yang dilakukan para mahasiswa mewakili suara rakyat dan independen. Ia menyebut kalau rakyat dengan mahasiswa sevisi untuk menolak pembahasan beberapa pasal ngawur di Rancangan Undang-undang yang digodok DPR.

"Kami tadi sudah bilang bahwa mewakili seuara rakyat. Jeritan rakyat. Kami di sini independen. Karena ini bagian dari suara kami, yang kami rasakan di Surabaya," ujarnya.

Baca Juga: Dukungan Para Dosen kepada Mahasiswa yang Ikut "Surabaya Menggugat"

2. Kawal pernyataan DPRD Jatim

IDN Times/Ardiansyah Fajar

Meski aksi yang dilakukan tidak lama seperti di Jakarta, Cahya menegaskan akan terus mengawal pernyataan Ketua DPRD Jatim sementara, Kusnadi. Ia menyampaikan, massa akan datang dengan jumlah lebih besar apabila Kusnadi mengingkari janjinya.

"Apa yang disampaikan oleh Ketua DPRD Jatim itu akan kami kawal terus. Kalau tidak diindahkan, kami akan kembali dengan jumlah massa yang besar. Karena perjuangan kami tidak ada habisnya," tegasnya.

3. Ketua DPRD Jatim janji sampaikan aspirasi

IDN Times/Ardiansyah Fajar

Sebelumnya Kusnadi mengatakan, DPRD Jatim akan menyampaikan semua aspirasi mahasiswa. Pihaknya berjanji harapan masyarakat yang telah disematkan kepada dirinya akan dipegang penuh.

"Kami, DPRD Jatim mengikuti seluruh aspirasi masyarakat Jatim. Kalau masyarakat menolak, kami akan menolak," tegasnya.

Baca Juga: Aksi "Surabaya Menggugat", Polisi Tutup Total Jalan Indrapura

Berita Terkini Lainnya