TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Cuaca Ekstrem Ancam Jatim hingga Awal Februari

Awasi 7 DAS rawan bencana

Ilustrasi cuaca ekstrem di Indonesia (dok. BMKG)

Surabaya, IDN Times - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Klas I Juanda memprediksi akan ada peningkatan cuaca ekstrem selama satu pekan ini di beberapa wilayah Jawa Timur (Jatim). Yakni dalam kurun waktu 27 Januari 2023 - 2 Februari 2023.

Baca Juga: Tak Hanya Ketua, Wakil Ketua DPRD Jatim Juga Diperiksa KPK

1. Berpotensi sebabkan bencana hidrometeorologi

Ilustrasi banjir (IDN Times/Mardya Shakti)

Berdasarkan analisis iklim yang dilakukan oleh BMKG diketahui adanya pola tekanan rendah di Australia bagian Barat yang mengakibatkan terbentuknya konvergensi atau pertemuan angin di wilayah Jatim. Hal ini meningkatkan potensi pertumbuhan awan-awan konvektif.

Potensi cuaca ekstrem yang disebabkan oleh aktifnya La Nina, Gelombang Rossby, dan Gelombang Kelvin di wilayah Jatim dapat meningkatkan potensi terjadinya bencana hidrometeorologi seperti genangan air, banjir, banjir bandang, puting beliung, hujan es, maupun tanah longsor di wilayah dataran tinggi.

Baca Juga: Periksa 4 Pimpinan DPRD, KPK Usut Pencairan Dana Hibah Provinsi Jatim

2. Mulai dari Surabaya hingga Pacitan

Gemerlap Kota Surabaya tampak dari udara. (Dok. Diskominfo Surabaya)

Dari data yang diberikan oleh BMKG ada beberapa wilayah di Jatim yang diprediksi mengalami cuaca ekstrem. Antara lain  Kota Surabaya, Mojokerto, Kota Mojokerto, Gresik, Lamongan, Tuban, Jombang, Nganjuk, Madiun, Kota Madiun, Ngawi, Magetan, Trenggalek, Tulungagung, Blitar, Kota Blitar, Kediri, Kota Kediri, Malang, Kota Malang dan Kota Batu.

Selain itu juga di Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Probolinggo, Kota Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Banyuwangi, Situbondo, Bangkalan, Pamekasan, Sampang, Sumenep, Sidoarjo, Bojonegoro, Ponorogo, dan Pacitan.

Berita Terkini Lainnya