TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Bali Diguncang Gempa, 13 Daerah di Jatim Kena Dampaknya

Semoga gak ada gempa susulan ya

Dok.IDN Times/Istimewa

Surabaya, IDN Times - Pulau Dewata diguncang gempa berkekuatan 6,0 magnitudo, Selasa (16/7) pagi. Nah, gempa tersebut rupanya dirasakan di 13 kabupaten/kota di Jawa Timur (Jatim). Bahkan, beberapa bangunan pun turut rusak akibat gempa ini.

1. Banyuwangi hingga Pamekasan terdampak

IDN Times/Istimewa

 

Kepala Pelaksana BPBD Jatim Suban Wahyudiono menyebut getaran ini juga terasa di sejumlah daerah seperti Banyuwangi, Jember, Malang, Ponorogo, Situbondo, Blitar, Trenggalek, Lumajang, Kediri, Probolinggo, Kota Malang, Kota Batu dan Pamekasan.

"Pemberian bantuan oleh BPBD kepada korban berupa paket sembako, paket sandang, paket perlengkapan makan, terpal, tikar gulung dan selimut," ujar Suban di Surabaya, Selasa (16/7).

Baca Juga: Gempa Magnitudo 6 di Bali, Atap Bangunan di Banyuwangi Roboh

2. BPBD Jatim masih terus memonitor

Dok.IDN Times/Istimewa

 

Suban menyampaikan, saat ini BPBD tengah memonitor 37 kabupaten dan kota se-Jawa Timur. Hingga kini, pihaknya juga melakukan pendataan untuk melihat kerusakan di wilayah terdampak.

"BPBD Provinsi Jawa Timur melakukan koordinasi di wilayah yang merasakan getaran. Ada BPBD Banyuwangi dan Jember melakukan pendataan di wilayah terdampak," kata Suban.

3. Imbau masyarakat mengungsi sementara

BMKG

 

Suban juga mengimbau masyarakat untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman. Ia meminta untuk tidak mendekati bangunan yang retak, karena dikhawatirkan akan ambruk dan menimpa masyarakat.

"Kami telah memberikan imbauan kepada masyarakat melalui media sosial dan radio. Agar menghindar dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa," terang Suban.

Baca Juga: Gempa Bumi, Bupati Banyuwangi Ucapkan Belasungkawa

Berita Terkini Lainnya