Gempa Bumi, Bupati Banyuwangi Ucapkan Belasungkawa

Akan beri bantuan secepatnya

Banyuwangi, IDN Times - Gempa magnitudo 6.0 yang terpusat di 83 Kilometer Barat Daya Nusa, Dua Bali, yang turut mengguncang Kabupaten Banyuwangi, Selasa pagi (16/7). Peristiwa ini membuat sejumlah rumah ibadah dan rumah warga di Banyuwangi mengalami kerusakan. Meski tidak ada korban meninggal, satu orang tercatat mengalami Luka-luka tertimpa material rumahnya akibat gempa.

 

1. Bupati Anas sampaikan belasungkawa

Gempa Bumi, Bupati Banyuwangi Ucapkan BelasungkawaIDN Times/Margith Juita Damanik

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anaspun mengucapkan belasungkawa kepada masyarakat yang rumahnya mengalami kerusakan akibat peristiwa gempa.

"Untuk bencana memang tadi cukup besar guncangan di Banyuwangi. Tapi Alhamdulillah tidak ada gedung gedung yang penting yang rusak akibat gempa ini. Kecuali beberapa rumah yang secara konstruksi, saya mendapat laporan tidak terlalu kuat. Dan atas yang kena bencana kami berbelasungkawa, meski tidak ada korban jiwa," kata Anas di Banyuwangi.

2. Akan beri bantuan

Gempa Bumi, Bupati Banyuwangi Ucapkan BelasungkawaIDN Times/Istimewa

 

Anas melanjutkan, pihaknya bersama tim reaksi cepat sedang mengupayakan proses bantuan secepatnya kepada korban yang mengalami kerugian akibat gempa.

"Nanti tim dan BPBD dan Pemerintah daerah akan datang untuk support membantu. Bagi mereka yang kena musibah. Tim reaksi cepat, bantuan secepatnya besok akan diberikan," ujarnya.

Baca Juga: Gempa di Bali, Satu Orang di Banyuwangi Luka Tertimpa Material Rumah

3. Merusak sejumlah bangunan

Gempa Bumi, Bupati Banyuwangi Ucapkan BelasungkawaIDN Times/Istimewa

 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyuwangi, mencatat hingga saat ini terdapat sekitar 10 bangunan yang mengalami kerusakan akibat gempa berkekuatan magnitudo 6.0. Peristiwa ini juga membuat satu orang luka-luka akibat tertimpa material rumahnya.

"Ada satu korban mengalami luka saat dan sudah dirawat di Puskesmas," kata Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Banyuwangi, Eka Muharram.

Gempa berdampak kuat di Kabupaten Banyuwangi yang secara geografis berdekatan, dengan pusat gempa. Bangunan yang rusak seperti rumah ibadah, rumah pribadi dan perkantoran dengan kerusakan atap bangunan roboh hingga genting melorot.

Bangunan rusak akibat gempa tersebar di beberapa kecamatan, seperti Pesanggaran, Tegaldlimo, Purwoharjo, Gambiran, Srono, Cluring dan Blimbingsari.

"Kerusakan terjadi rata-rata hingga 50 persen," ujarnya.

Gempa dengan kedalaman 68 Km juga dirasakan di Badung, Denpasar, Mataram, Lombok Tengah, Lombok Barat, Karangkates, Sumbawa, Lombok Timur, Lombok Utara, Jember, Banyuwangi dan Lumajang.

Baca Juga: Gempa Bali, 10 Bangunan di Banyuwangi Rusak

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya