Puluhan Pesilat Digelandang Polisi, Diduga Akan Hadiri Tes Kenaikan

Khawatir lakukan tindak kriminal

Surabaya , IDN Times - Polrestabes Surabaya mengamankan puluhan pesilat yang diduga akan menghadiri acara sah-sahan atau tes kenaikan tingkat di Gresik dan Sidoarjo, Jumat (21/7/2023) malam. Mereka diamankan saat melewati penyekatan yang dilakukan polisi di Bundaran Cito, Surabaya.

Informasi yang diperoleh,  sebanyak 44 pesilat dari berbagai daerah penyangga Surabaya telah disekat oleh petugas kepolisian di sekitar Bundaran Cito dan daerah perbatasan Surabaya-Siodarjo serta Surabaya-Gresik. Penyelenggaraan sah-sahan pesilat tersebut merupakan kegiatan tahunan yang menarik perhatian banyak pesilat dari berbagai daerah.

Kapolrestabes Surabaya, Kombespol Pasma Royce, menyampaikan puluhan pesilat digelandang setelah pihaknya menerima informasi terkait adanya konvoi pesilat dari luar kota yang mau masuk Surabaya. Mereka disebut akan menggelar sah-sahan di Gresik dan Sidoarjo. 

"Sesuai dengan tugas dan tanggung jawab kami, kami telah mengamankan puluhan pesilat yang diduga akan menghadiri sah-sahan pesilat di Gresik dan Sidoarjo," ujar Pasma melalui keterangan tertulis. 

Pasma menyebut, langkah ini diambil untuk mencegah potensi kerusuhan atau tindakan kriminal yang dapat mengancam keselamatan peserta silat apabila saling bertemu saat konvoi. Serta menjaga keamanan masyarakat sekitar.

"Tindakan ini kami lakukan karena konvoi silat ini sangat menggangu dan meresahkan di sepanjang jalan yang mereka lalui serta mencegah adanya potensi kerusuhan dan menjaga keamanan selama acara berlangsung," ujarnya. 

Sebanyak 44 orang pesilat yang diamankan tersebut dilakukan pendataan hingga penilangan. Bahkan sepeda motor mereka pun disita serta akan disidangkan di bulan Agustus.

"Kemudian diadakan random pengetesan kadar alkohol dengan alat alkohol tester, dari 15 orang yang dites, ada sebanyak 10 orang yang mengandung alkohol dalam darahnya sebanyak 0,05 ml," terang dia. 

Pihaknya berkomitmen untuk terus mengawasi dan memantau perkembangan situasi di sekitar acara sah-sahan pesilat di Gresik dan Sidoarjo. Tindakan tegas ini juga akan dilakukan saat acara yang sama di Surabaya pada tanggal 28 Juli 2023 nanti.

"Tindakan tegas akan dilaksanakan kepada kelompok pesilat yang berpotensi menghadirkan ancaman terhadap keamanan dan ketertiban masyarakat," pungkas dia. 

Baca Juga: Polisi Larang Pesilat Show of Force Selama Suroan di Magetan

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya