Viral Harga Seragam Mahal, Ini Penjelasan Pihak Sekolah di Tulungagung

foto kwitansi pembelian seragam viral

Tulungagung, IDN Times - Foto kwitansi pembelian kain seragam di SMAN 1 Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung viral di media sosial. Dalam foto tersebut tercantum nominal harga kain seragam siswa baru, yang total mencapai Rp2.360.000. Selain kain, aksesoris sekolah seperti jilbab, tas dan ikat pinggang juga tercantum dalam kwitansi tersebut. Mahalnya harga seragam dan atribut ini banyak dikomentari oleh netizen. Mereka menilai besaran harga yang tercantum tidak masuk akal.

1. Tidak wajibkan beli di sekolah

Viral Harga Seragam Mahal, Ini Penjelasan Pihak Sekolah di TulungagungAktivitas siswa SMKN 1 Kedungwaru. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Humas SMAN 1 Kedungwaru, Agung Cahyadi mengatakan mereka tidak mewajibkan orang tua dan wali murid untuk membeli kebutuhan seragam dan atribut di sekolah. Pihak sekolah membebaskan wali murid untuk membeli kebutuhan seragam di tempat lain. Dengan catatan warnanya harus sama. "Kalaupun ada perbedaan warna sedikit kami juga masih mentolerirnya," ujarnya, Sabtu (22/07/2023).

2. Siswa bisa kenakan seragam milik kakak atau saudaranya

Viral Harga Seragam Mahal, Ini Penjelasan Pihak Sekolah di TulungagungAktivitas siswa SMKN 1 Kedungwaru. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Pihak sekolah melalui koperasi selama ini hanya sebatas memfasilitasi siswa baru untuk mempermudah dalam mendapatkan paket seragam. Tidak semuanya harus dibeli di koperasi tersebut. Mereka dapat memilih item mana saja yang dibeli. Siswa juga bisa mengenakan seragam milik kakak atau saudaranya yang dulu pernah sekolah di SMAN 1 Kedungwaru. "Siswa dan wali murid bisa memilih, mungkin hanya beli satu jenis bisa, atau tidak membeli di sekolah juga boleh," tuturnya.

Baca Juga: 5 Toko Seragam Sekolah di Tulungagung

3. Jika merasa mahal dipersilakan membeli di tempat lain

Viral Harga Seragam Mahal, Ini Penjelasan Pihak Sekolah di TulungagungAktivitas siswa SMKN 1 Kedungwaru. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Saat disinggung mengenai mahalnya harga seragam tersebut, Agung tidak bisa memberikan komentar. Menurutnya mahal atau tidaknya harga seragam bersifat relatif. Jika orang tua merasa keberatan dengan nominal harga mereka dapat membeli di toko lain. Hal tersebut juga tidak dipermasalahkan oleh pihak sekolah. "Sekali lagi tidak ada paksaan, jika merasa keberatan bisa membeli di tempat lain," pungkasnya.

Baca Juga: Pria Aniaya Mantan Pacar di Tulungagung, Berakhir Restorative Justice

Bramanta Pamungkas Photo Community Writer Bramanta Pamungkas

peternak huruf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya