Sempat Dinyatakan Padam, Puncak Gunung Arjuno Terbakar Lagi 

Tim pemadam kembali bergerak memadamkan api

Batu, IDN Times - Kebakaran di puncak Gunung Arjuno yang sebelumnya padam terindikasi kembali terjadi. Hal itu terpantau oleh Pusdalops BPBD Kota Batu, Selasa (30/7). Saat ini 18 orang dari tim gabungan pemadaman kembali berangkat menuju puncak Gunung Arjuno untuk kembali memadamkan api. 

Baca Juga: Kebakaran Gunung Arjuno Dipadamkam, BPBD Masih Pantau Titik Api

1. Kebakaran cukup luas

Sempat Dinyatakan Padam, Puncak Gunung Arjuno Terbakar Lagi Dok/ BPBD Kota Batu

Sebelumnya tim BPBD sudah memastikan bahwa titik api sudah berhasil dipadamkan. Namun, Selasa pagi titik api dilaporkan kembali terbakar. Kebakaran yang terjadi di puncak Gunung Arjuno sendiri saat ini sudah cukup luas dan menyentuh angka 40 hektare. 

"Luasan hutan yang terdampak kebakaran diperkirakan mencapai 40 hektare di kawasan Gentong Growah. Katinggian lokasi kebakaran mencapai 2700-2800 MDPL," beber Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu, Achmad Choirur Rochim. 

2. Fokus pemadaman

Sempat Dinyatakan Padam, Puncak Gunung Arjuno Terbakar Lagi Dok/ BPBD Kota Batu

Kini tim kembali fokus untuk pemadaman api di puncak Gunung Arjuno. Namun, tidak seperti sebelumnya. Saat ini baru 18 orang yang berangkat menuju puncak gunung Arjuno untuk melakukan pemadaman lanjutan. 

"Sekitar pukul 09.30 WIB BPBD kota Batu kembali mendapat informasi dari pos Taman Hutan Raya (Tahura) bahwa api kembali menyala. Maka 18 orang berangkat untuk kembali memadamkan api," imbuhnya. 

3. Jalur pendakian masih ditutup

Sempat Dinyatakan Padam, Puncak Gunung Arjuno Terbakar Lagi Dok.IDN Times/Istimewa

Saat ini pihak BPBD Kota Batu memang masih menutup jalur pendakian gunung Arjuno. Hal itu tak lepas dari upaya petugas untuk fokus melakukan pemadaman. Apalagi saat ini puncak gunung Arjuno terpantau kembali terbakar. 

"Untuk jalur pendakian masih ditutup sampai waktu yang belum ditentukan," jelasnya. 

4. Sisir potensi pendaki

Sempat Dinyatakan Padam, Puncak Gunung Arjuno Terbakar Lagi Dok/ BPBD Kota Batu

Selain fokus untuk memadamkan api, tim gabungan juga masih berupaya untuk menyisir adanya kemungkinan pendaki yang belum turun. Namun sejauh ini, dari data yang dimiliki BPBD kota Batu, seluruh pendaki di Gunung Arjuno sudah turun. 

"Pantauan akan terus kami lakukan sampai sepekan kedean," tutupnya.

Baca Juga: Sekitar 40 Ha Lahan Gunung Arjuno Terbakar, Jalur Pendakian Ditutup

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya