Comscore Tracker

Pasien Positif COVID-19 Kabupaten Malang Sudah Sehat

Masih tunggu hasil swab kedua

Malang, IDN Times - Kabar baik datang dari empat pasien positif COVID-19 di Kabupaten Malang. Setelah menjalani isolasi, mereka kini sudah sehat. Meskipun sudah sehat, tiga pasien yang merupakan satu keluarga masih harus menunggu hasil swab kedua sebelum diperbolehkan pulang dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kanjuruhan tempat ketiganya dirawat. Sementara satu pasien lain kini menjalani isolasi rumah. 

1. Masih dilakukan karantina

Pasien Positif COVID-19 Kabupaten Malang Sudah SehatIlustrasi penangan Covid-19 (IDN Times/Candra Irawan)

Sembari menunggu hasil swab kedua, keempat pasien itu kini masih dikarantina. Namun, secara umum kondisi mereka kini sudah semakin baik. Gejala klini yang sempat muncul kini sudah tak ada lagi. Sehingga secara umum keempat pasien positif tersebut sudah mengalami perkembangan penyembuhan yang positif. Hingga jika nanti hasil swab kedua hasilnya negatif, maka keempat pasien positif itu bakal dinyatakan sembuh.

"Secara umum mereka sehat. Tetapi memang masih harus menjalani karantina 14 hari untuk melewatkan masa inkubasi," ucap Arbani Mukti Wibowo, Kamis (2/4). 

2. Satu pasien tak alami gejala klinis

Pasien Positif COVID-19 Kabupaten Malang Sudah SehatIDN Times/Candra Irawan

Lebih jauh, Arbani menjelaskan dari keempat pasien ini satu orang tidak mengalami gejala klinis. Sementara tiga orang lainnya sempat mengalami gejala klinis. Tetapi setelah mendapat perawatan di ruang isolasi maupun di rumah, kini kondisi mereka semakin membaik dan gejala klinis yang sempat muncul kini sudah hilang. 

"Kalau yang tiga orang ini satu keluarga. Dua dari mereka sempat mengalami batuk. Sementara satu lainya tidak ada gejala. Begitu juga dengan satu pasien yang menjalani isolasi mandiri di rumah, kini kondisinya sudah bagus," tambah Arbani. 

3. Tunggu hasil dari Litbangkes

Pasien Positif COVID-19 Kabupaten Malang Sudah SehatBadan Penelitian Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan (IDN Times/Dini Suciatinungrum)

Kini Dinas Kesehatan Kabupaten Malang masih menunggu hasil swab kedua untuk para pasien ini. Hasil swab tersebut akan menjadi acuan untuk Dinkes maupun tim gugus tugas Covid-19 mengambil tindakan berikutnya. Sampel swab sendiri sudah dikirimkan ke Litbangkes pada Senin lalu. Arbani berharap hasil tes kedua pada empat pasien tersebut dinyatakan negatif. Sehingga keempat pasien bisa segera dipulangkan dan kembali beraktifitas normal seperti semula. 

"Kami belum bisa bicara negatif ataupun positif. Terpenting saat ini adalah menunggu hasil tes dari Litbangkes," tandasnya. 

Baca Juga: Pemkot Malang Gelontorkan Rp10 M Bantu Masyarakat Terdampak Corona

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya