Lokasi Pelari Hilang di Arjuno Ditemukan, Tim SAR Langsung ke TKP 

Korban keluar dari jalur pendakian

Malang, IDN Times - Upaya penyelamatan terhadap satu orang survivor peserta lari lintas alam Mantra Summit yang hilang di Gunung Arjuno terus dilakukan. Setelah mengetahui titik keberadaan korban, tim gabungan langsung menuju ke lokasi guna memberikan pertolongan kepada korban yang diketahui masih dalam keadaan hidup. Berdasarkan hasil titik koordinat yang dikirimkan korban Selasa (5/7/2022), posisi survivor bernama Yurbianto Basri (46) berada di sekitar posko tiga di Mahapena, Gunung Arjuno. 

1. Yurbianto keluar jalur pendakian

Lokasi Pelari Hilang di Arjuno Ditemukan, Tim SAR Langsung ke TKP Petugas menunjukkan titik koordinat keberadaan korban. Dok/istimewa

Kasi Operasi Basarnas Jawa Timur, Haris Supardi menjelaskan jika melihat dari titik koordinat keberadaan korban, maka pelari maraton lintas alam tersebut melenceng jauh dari jalur yang sudah ditentukan panitia. Jalur yang sudah ditentukan panitia semuanya berada pada jalur pendakian pada umumnya. 

"Kalau lihat dari titiknya ini keluar jalur dari trek yang ditentukan. Karena posisinya itu bukan di jalur pendakian," urainya Selasa (5/7/2022). 

2. Regu penyelamat membuka jalur baru

Lokasi Pelari Hilang di Arjuno Ditemukan, Tim SAR Langsung ke TKP dolandolen.com

Lantaran berada diluar jalur pendakian, Haris menyebut bahwa regu penyelamat yang menuju ke lokasi harus membuka jalur baru untuk bisa mencapai titik Yurbianto berada. Tentu saja hal itu bukan pekerjaan mudah. Pasalnya medan yang ada di lereng Arjuno tergolong cukup ekstrem.

"Kesulitannya karena harus membuka jalur baru. Tetapi sejauh ini personel sudah siap dan sudah kami koordinasikan," imbuhnya. 

3. Maksimalkan semua peralatan yang ada

Lokasi Pelari Hilang di Arjuno Ditemukan, Tim SAR Langsung ke TKP commons.wikimedia.org

Guna memaksimalkan proses pencarian, petugas gabungan juga mengerahkan seluruh peralatan yang ada. Mulai dari alat pencarian koordinat, radio hingga motor trail untuk menembus medan yang sulit. Komunikasi juga terus dilakukan dengan tim yang ada di posko guna mendapatkan update terbaru posisi regu penyelamat dan survivor. 

"Komunikasi terus berjalan dengan tim penyelamat yang berangkat," sambungnya. 

Baca Juga: Lokasi Pelari Hilang di Gunung Arjuno Terdeteksi

4. Dilaporkan hilang karna tak lewati pos

Lokasi Pelari Hilang di Arjuno Ditemukan, Tim SAR Langsung ke TKP Gunung Arjuno (commons.wikimedia.org)

Seperti diberitakan sebelumnya, seorang peserta lari lintas alam Mantra Summit Challenge 2022 dinyatakan hilang pada Minggu, 3 Juli kemarin. Peserta bernama Yurbianto Basri asal Jakarta Utara itu tak diketahui posisinya setelah melewati pos Puncak Arjuno, pada Sabtu (2/7/2022). Seharusnya Yurbianto turun melewati rute pos Budug Asu lalu melewati jalur menuju Mahapena. Tetapi hingga waktu yang ditentukan, yang bersangkutan tak kunjung datang. 


Kemudian, tim panitia berusaha melakukan pencarian dengan menyisir jalur dari puncak Arjuno sampai ke Wonorejo melewati Mahapena. Namun, petugas juga tak menemukan keberadaan Yurbianto. Setelah itu, yang bersangkutan dinyatakan hilang dan posko pencarian di Desa Wonorejo, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang. 


Sebagai informasi Mantra Summit Challenge sendiri diikuti 712 perserta maraton. Namun, hingga kini baru 711 peserta yang sudah mencapai garis finis dengan satu peserta yakni Yurbianto tengah dalam proses evakuasi. 

Baca Juga: Cuaca Jadi Kendala Pencarian Korban Hilang di Gunung Arjuno

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya