Jelang Nataru, Polres dan Disperindag Kota Batu Lakukan Sidak

Antisipasi oknum nakal yang menimbun komoditas pangan

Malang, IDN Times - Jelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2020, Polres Kota Batu dan Dinas Perdagangan Kota Batu melakukan sidak ke sejumlah tempat, Rabu (4/12). Sidak tersebut bertujuan untuk memastikan ketersediaan bahan pokok aman selama masa perayaan natal dan tahun baru (nataru). Sekaligus juga untuk memastikan harga-harga bahan pokok di Kota Batu stabil. 

1. Sejumlah komoditas masih aman

Jelang Nataru, Polres dan Disperindag Kota Batu Lakukan SidakKapolres Kota Batu bersama Disperindag melakukan sidak ke pasar Besar di Kota Batu, Rabu (4/12/2019). IDN Times/ Alfi Ramadana

Setelah mengecek ke beberapa tempat, Kapolres Kota Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama menyebut bahwa beberapa komoditas masih aman. Memang terjadi fluktuasi harga untuk bawang merah. Tetapi secara umum semua masih stabil dan jumlahnya cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama nataru. 

"Hasil pantauan kami di pasar besar kota Batu, beberapa komoditas seperti daging sapi, gula, beras masih stabil. Ada sedikit kenaikan harga untuk bawang merah, tetapi masih dalam taraf normal," paparnya. 

2. Belum temukan pelanggaran

Jelang Nataru, Polres dan Disperindag Kota Batu Lakukan SidakKepolisian Resort Kota Batu masih belum menemukan adanya pedagang nakal. IDN Times/ Alfi Ramadana

Harvi memastikan bahwa petugas masih belum menemukan adanya pelanggaran. Termasuk potensi penimbunan barang dari para pedagang nakal. Kepolisian juga siap menindak tegas sesuai prosedur hukum yang berlaku apabila ditemukan adanya oknum nakal.

"Saat ini belum ditemukan ada pelanggaran. Semua masih aman dan terdistribusi dengan baik," imbuhnya.

Baca Juga: Sidak Jembatan Muharto, DPRD Kota Malang Minta Segera Ada Perbaikan 

3. Bahu-membahu jaga kondusifitas kota Batu

Jelang Nataru, Polres dan Disperindag Kota Batu Lakukan SidakPetugas melakukan sidak untuk melihat persiapan jelang Natal dan Tahun Baru. IDN Times/ Alfi Ramadana

Sementara itu untuk keamanan, selama nataru pihaknya akan meningkatkan penjagaan di beberapa titik strategis. Polisi juga sudah berkoordinasi dengan beberapa ormas keagamaan dan kemasyarakatan untuk saling membantu menjaga kondusifitas kota Batu.

Apalagi Batu merupakan salah satu tujuan wisata di Jawa Timur. Tentu perlu kewaspadaan tinggi untuk memastikan wisatawan merasa aman dan nyaman saat libur nataru.

"Pastinya selama musim liburan ini kunjungan wisatawan akan meningkat. Kami pastikan bahwa kondusifitas tetap terjaga baik bagi mereka yang melaksanakan perayaan natal dan tahun baru," sambung perwira polisi dengan dua melati di pundak itu. 

4. Harga sembako masih stabil

Jelang Nataru, Polres dan Disperindag Kota Batu Lakukan SidakKapolres Kota Batu bersama Kadisperindag melakukan sidak ke beberapa tempat, Rabu (4/12/2019). IDN Times/ Alfi Ramadana

Sementara itu, Kadisperindag Kota Batu Eko Suhartono nenyebut bahwa harga-harga barang pokok sudah mulai ada kenaikan. Tetapi, kenaikan yang terjadi masih dalam batas normal.

"Untuk daging sapi ada kenaikan sekitar Rp5 ribu per kilogram. Dari Rp110 ribu menjadi Rp 115 ribu. Begitu juga dengan bawang merah," jelasnya. 

5. Masih terus lakukan pantauan

Jelang Nataru, Polres dan Disperindag Kota Batu Lakukan SidakKepolisian Resort Kota Batu masih belum menemukan adanya pedagang nakal. IDN Times/ Alfi Ramadana

Hingga kini, tim gabungan dari kepolisian dan disperindag terus memantau stok kebutuhan pokok agar tetap terjaga selama nataru.

"Memang kenaikan harga barang pokok kerap terjadi saat natal, tahun baru, termasuk Idul Fitri harus diwaspadai. Tetapi sejauh ini masih stabil," tandasnya.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Prostitusi Marak, Polisi akan Temui Para Pemilik Vila di Kota Batu

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya