Pendekar Muda di Banyuwangi Tewas Saat Ujian Kenaikan Tingkat

Pihak keluarga menuntut keadilan

Banyuwangi, IDN Times - Seorang pendekar muda di Banyuwangi, Jawa Timur, tewas saat menjalani ujian peringkat. Remaja berusia 18 tahun berinisial RS ini merupakan warga Kelurahan/Kecamatan Giri, dia merupakan anggota salah satu perguruan silat di Banyuwangi.

1. Korban tak sadarkan diri di rumah sakit

Pendekar Muda di Banyuwangi Tewas Saat Ujian Kenaikan TingkatIlustrasi perawatan di rumah sakit. (FOTO: IDN Times/ Agung Sedana)

Keluarga korban, Desita, mengatakan bahwa pada 3 Juni 2023 sekitar waktu Ashar, korban berpamitan untuk mengikuti ujian kenaikan sabuk. Korban akan menjalani ujian tersebut di kawasan jalan lingkar Ketapang.

Satu hari berselang, pada Minggu 4 Juni pagi, keluarga korban didatangi oleh pendekar lainnya dari perguruan silat yang sama. Salah satu pendekar mengatakan jika korban tidak sadarkan diri dan menjalani perawatan di rumah sakit.

"Berangkat Sabtu sore, besoknya pas Minggu pagi sekali, ada yang ke rumah memberikan kabar begitu," kata Desita, Selasa (6/6/2023).

2. Pengakuan berbelit dari pihak perguruan silat

Pendekar Muda di Banyuwangi Tewas Saat Ujian Kenaikan TingkatIlustrasi pemakaman/ meninggal. (FOTO: IDN Times/ Agung Sedana)

Meskipun sudah mendapatkan perawatan, namun korban tidak dapat bertahan. Di hari yang sama, korban dilaporkan meninggal dunia. Pihak keluarga pun mencoba untuk mencari tahu sebab RS bisa tak sadarkan diri di rumah sakit.

Namun, pihak perguruan silat nampak seperti menutupinya. Desita mengaku, RS tak sadarkan diri karena terpeleset. Pengungkapan berbeda juga didapati keluarga, katanya, RS terjatuh saat bermain bola.

3. Keluarga menuntut keadilan

Pendekar Muda di Banyuwangi Tewas Saat Ujian Kenaikan TingkatIlustrasi lapor polisi. (FOTO: IDN Times/ Agung Sedana)

Kapolsek Kalipuro, AKP Hadi Waluyo, mengatakan jika pihak keluarga korban sudah melaporkan insiden ini ke polisi. Hadi menyebut, laporan langsung ditujukan ke Polresta Banyuwagi. Olah TKP dan rangkaian lainnya sudah dilakukan untuk proses penyelidikan lebih lanjut.

Terkait penyebab tewasnya korban, pihak kepolisian masih belum memberikan kesimpulan. Namun, Hadi mengakui jika sebelumnya memang ada kegiatan ujian kenaikan tingkat di sekitar jalan lingkar Ketapang. "Masih belum, olah TKP masih dilakukan oleh tim Reskrim," katanya.

Baca Juga: Terduga Teroris Banyuwangi Bukan Anggota Peradi 

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya