Prabowo Bertemu Belasan Kiai di Surabaya, Bahas Pemilu?

Safari nih pak...

Surabaya, IDN Times - Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto terus melakukan safari politiknya. Kali ini, pria yang juga menjabat Menteri Pertahanan itu bertemu dengan sejumlah ulama di Surabaya pada Senin (26/12/2022).

Ulama dan kiai itu Pengasuh Ponpes Al-Falah Ploso Kediri KH Nurul Huda Djazuli, Pengasuh Ponpes Lirboyo Kediri KH Anwar Manshur, Pengasuh Ponpes Bumi Sholawat Sidoarjo KH Ali Mashuri, Pengasuh Ponpes Sabilul Rosyad Malang KH Marzuki Mustamar, Pengasuh Ponpes Syaikhona Kholil Bangkalan Ra Karror Aschal.

Pengasuh Ponpes Sidogiri Pasuruan KH Fuad Nurhasan, Pengasuh Ponpes Langitan Tuban KH Ubaidilah Abdul Faqih, Keluarga Ponpes Sidogiri Pasuruan KH Cholil Nawawi Abdul Jalil, Perwakilan Ponpes Nurul Jadid Probolinggo KH Faiz Abdul Haq Zaini.

Pengasuh Ponpes Sunan Bejagung Tuban KH Abdul Matin Jawahir, Pengasuh Ponpes Tebuireng Jombang KH Irfan Yusuf Hasyim. Juga H Abdurrohman Al-Kautsar (Gus Kautsar), H Fahmi Ruyani, H Adibussholeh Anwar, dan KH Ali Makki.

Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Timur (Jatim), Anwar Sadad mengatakan kalau pertemuan itu membahas berbagai hal. Beberapa di antaranya terkait pertahanan hingga pangan. Dalam pertemuan, Sadad menyebut, berlangsung sangat cair.

"Ya membahas banyak hal lah, mulai soal pertahanan, pangan dan hal lain. Yang jelas pertemuannya berlangsung ganyeng ya, dan Pak Prabowo ini sangat menghormati para kiai-ulama, beliau juga meminta nasehat," ujarnya tertulis.

Pria yang juga Wakil Ketua DPRD Jatim ini tak menampik kalau ada pembahasan politik dalam pertemuan tersebut. Mulai dari kondisi demokrasi di Indonesia hingga Pemilu 2024. Tak lupa, Prabowo meminta doa kepada para kiai.

"Ya pasti ada membahas hal itu (politik), kan wajar saja. Bahwa Pak Prabowo menyampaikan kondisi demokrasi saat ini, dan tentunya meminta doa agar pemerintahan Pak Jokowi bisa berjalan baik hingga akhir," kata Sadad.

Sementara itu, Sekjen Gerindra, Ahmad Muzani mengatakan, pertemuan Prabowo dengan para ulama dan kiai di Jatim sangat penting. Sebab, Prabowo yang juga sebagai Menteri Pertahanan perlu mendapat masukan dari para ulama.

"Pak Prabowo sebagai Menhan, beliau merasa pertahanan negara adalah kerja bareng untuk mempertahankan negara, beliau perlu mendengar (masukan) ulama, tokoh masyarakat, tentang berbagai persoalan," katanya.

Ketua Fraksi Gerindra DPR RI ini menyampaikan harapan dari Prabowo agar para kiai terus menggalang optimisme dan persatuan di tengah-tengah masyarakat. Muzani juga menyebut, pertemuan Prabowo dengan belasan ulama-kiai Jatim juga ada kaitannya dengan meminta restu.

Baca Juga: Blusukan ke Pasar Gondanglegi Malang, Prabowo Nyanyi Bareng Emak-emak

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya