TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Sesajen Ditendang, Alissa Wahid: Nusantara Milik Semua Golongan

Tindakan intoleran harus ditindak

Video viral pria yang membuang sesaji di Lumajang. IDN Times/Tangkapan layar

Lumajang, IDN Times - Alissa Qotrunnada Munawaroh Wahid yang akrab disapa Alissa Wahid turut angkat bicara terkait kasus penendangan sesajen di kawasan terdampak erupsi Gunung Semeru, Lumajang. Putri mendiang Presiden Indonesia, Abdurrahman Wahid atau Gus Dur ini menyayangkan aksi pria dalam video yang membuang dan menendang sesajen. Bahkan, pria tersebut menyebut, sesajen menjadi penyebab Tuhan murka dan memberikan adzab.

Baca Juga: Pemkab Lumajang Telusuri Lembar Disposisi Syuting Sinetron di Semeru

1. Tindakan kelompok penindas

Bupati Lumajang minta bantuan mencari pembuang sesaji. IDN Times/Tangkapan layar

Allisa menyebut, sikap pembuangan sesajen merupakan tindakan yang semena-mena dan tergolong kelompok yang menindas atas kebenaran yang diyakini. "Boleh saja kita meyakini bahwa sesajen itu tidak boleh. Yang tidak boleh itu mengambil hak orang lain untuk mengimani hal yang berbeda," cuti Alissa melalui akun Instagram pribadinya, @alissa_wahid, dikutip IDN Times, Senin (10/1/2022).

Menurut dia, yang membahayakan dari perilaku ini adalah sikap ingin menang sendiri. "Gampang sekali meningkat jadi menindas orang lain dan kelompok lain, atas nama kebenaran yg diyakininya."

2. Nusantara milik bersama

Bupati Lumajang minta bantuan mencari pembuang sesaji. IDN Times/Tangkapan layar

Lebih lanjut, Alissa menyebut, masyarakat Nusantara memang beragam, tidak bisa dipaksakan menganut kepercayaan dari kelompok tertentu.

"Adilkah kita memaksakan kemauan kita pada orang lain? Nusantara ini milik bersama, bukan milik kelompok kita saja. Kita tidak punya hak mutlak tanpa batas," ujarnya.

"Padahal tuntunan Al-Qur'an sudah jelas : "janganlah kebencianmu kepada satu kaum mendorongmu berlaku tidak adil." Benci kepada saudara sebangsa saja sudah salah. Ini lagi, mengambil hak saudara sebangsanya yg sudah dijamin dalam konstitusi," tambahnya.

Baca Juga: Viral Pria Tendang Sesajen di Lumajang, Thoriq: Cari Orang Itu

Berita Terkini Lainnya