Viral Pria Tendang Sesajen di Lumajang, Thoriq: Cari Orang Itu

Bupati Lumajang marah

Lumajang, IDN Times - Sebuah video berdurasi 30 detik, viral di media sosial. Dalam video tersebut, seorang pria mengenakan sarung, rompi dan peutup kepala serupa peci, membuang sesajen di kawasan terdampak erupsi Gunung Semeru. Bupati Lumajang, Thoriqul Haq meminta kepada aparat kepolisian dan relawan yang masih ada di lokasi untuk membantu mencari siapa Laki-laki yang dinilai sudah membuat keruh toleransi dan nilai-nilai keragaman antar umat beragama di Lumajang.

1. Harus ditemukan dan memberi klarifikasi

Viral Pria Tendang Sesajen di Lumajang, Thoriq: Cari Orang ItuBupati Lumajang minta bantuan mencari pembuang sesaji. IDN Times/Tangkapan layar

Thoriq mengatakan, pria tersebut harus segera dicari dan memberikan klarifikasi secepatnya. "Baik relawan maupun aparat yang ada di sana, untuk mencari. Dari mana orang itu, identitasnya siapa dan dari kelompok mana orang itu Saya minta segera dicari dan harus segera melakukan klarifikasi," kata Thoriq, Minggu, (10/1/2022).

Thoriq menilai, semua orang yang datang menjadi relawan di Kabupaten Lumajang harus atas dasar kemanusiaan membantu saudaranya. Bukan justru membuat kerus suasana kedamaian hidup berdampingan antar umat beragama.

"Semoga tidak menggangu kami yang ada di Kabupaten Lumajang yang saat ini damai, hidup berdampingan antar umat beragama," ujarnya.

"Saya minta ini tidak berlarut-larut dan harus ada segera langkah langkah melakukan pemahaman kembali kepada seluruh relawan yang datang ke Kabupaten Lumajang adalah prioritasnya unsur kemanusiaan, bukan urusan lain," tambahnya.

2. Thoriq memastikan ia merupakan orang luar Lumajang

Viral Pria Tendang Sesajen di Lumajang, Thoriq: Cari Orang ItuBupati Lumajang minta bantuan mencari pembuang sesaji. IDN Times/Tangkapan layar

Lebih lanjut, Thoriq memastikan bahwa pelaku pembuangan dan penendangan sesajen di kawasan erupsi Gunung Semeru bukan dari masyarakat Lumajang. Sejauh ini ia memastikan, pelaku merupakan warga dari luar Lumajang.

"Kejadian di Pronojiwo, dan saya pastikan itu bukan orang Lumajang dan ini orang yang datang dari luar. Dan itu melanggar tata nilai dengan seluruh suku, seluruh agama di Kabupaten Lumajang," katanya.

Baca Juga: Indah Amperawati, Wabup Lumajang yang Teruskan Estafet Kakaknya

3. Pria tersebut juga menendang sesajen

Viral Pria Tendang Sesajen di Lumajang, Thoriq: Cari Orang ItuBupati Lumajang minta bantuan mencari pembuang sesaji. IDN Times/Tangkapan layar

Dalam video berdurasi 30 detik itu, ia tidak hanya membuang dengan tangan. Pria tersebut menendang sesajen. Ia mengucapkan sejumlah kata. Salah satunya menyebut bahwa sesajen tersebut yang mengakibatkan murka Tuhan.

"Ini yang membuat murka Allah. Yah, jarang sekali disadari, bahwa ini lah yang justru mengundang murka Allah. Hingga Allah menurunkan adzabnya. Allahuakbar," kata pria tersebut dalam video yang diunggah akun Twitter @Setiawan3833, Minggu (9/1/2022).

Baca Juga: Tahun Baru di Lumajang: Listrik Mati, Alun-alun dan Wisata Ditutup

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya