Hore! Gaji Guru PAUD di Kota Malang Naik

Sebelumnya gaji guru PAUD hanya Rp600 ribu

Malang, IDN Times - Wali Kota Malang, Sutiaji mengumumkan guru PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) di Kota Malang segera mendapat kenaikan gaji dalam waktu dekat. Kenaikan gaji ini akan segera terealisasi pada 2024.

Sutiaji mengatakan kalau langkah ini diambil demi meningkatkan kesejahteraan para guru PAUD di Kota Malang. Sehingga mutu pendidikan yang diberikan para guru PAUD bisa meningkat juga.

1. Gaji guru PAUD di Kota Malang kini Rp1 juta per bulan dari sebelumnya hanya Rp600 ribu

Hore! Gaji Guru PAUD di Kota Malang NaikWali Kota Malang, Sutiaji. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Sutiaji menjelaskan jika nantinya gaji guru PAUD di Kota Malang akan ditingkatkan menjadi Rp1 juta per bulan, yang mana sebelumnya gaji mereka hanya Rp600 ribu per bulan. Ia mengatakan kalau kenaikan ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Kota (Pemkot) Malang pada para pengajar di instansi pendidikan anak usia dini ini.

"Perjuangan para guru PAUD ini sangat luar biasa. Sehingga sepatunya mereka mendapat apresiasi lebih. Oleh karena itu kita naikkan honorarium mereka agar dapat amanah mengajari dan mengarahkan generasi anak-anak dan memberikan pendidikan terbaik," terang Sutiaji pada Jumat (04/08/2033).

Baca Juga: Wali Murid di Malang Curhat Biaya Seragam Anak SMP Seharga Jutaan

2. Pemkot Malang akan siapkan anggaran Rp31 miliar untuk realisasi kebijakan baru ini

Hore! Gaji Guru PAUD di Kota Malang NaikIlustrasi anak-anak PAUD. (IDN Times/Prayugo Utomo)

Untuk merealisasikan kenaikan gaji ini, Pemkot Malang akan mempersiapkan anggaran Rp31 miliar dari APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) Kota Malang. Keputusan ini juga telah ditetapkan dan akan cair pada 2024.

Sutiaji mengatakan ingin segera mendorong kesejahteraan guru PAUD karena perannya sangat vital, mereka adalah penentu generasi emas Kota Malang karena memberi pendidikan pada anak usia dini. Pria asli Lamongan ini juga mendorong Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang untuk meningkatkan kualitas pengajar di tingkat PAUD.

"Anak-anak pada usia dini ini merupakan periode usia emas, sehingga mereia harus mendapatkan perhatian lebih. Karena pada fase inilah perkembangan otak bertumbuh dengan pesat, sehingga bisa dengan mudah menyerap informasi apapun," jelasnya.

3. Sutiaji ingin guru PAUD mulai menerapkan kurikulum merdeka belajar

Hore! Gaji Guru PAUD di Kota Malang NaikIlustrasi Kurikulum Merdeka Belajar (sman2.sch.id)

Terakhir, pria berkacamata ini berharap para guru PAUD mulai memahami dan menerapkan kurikulum merdeka belajar. Ia juga berharap agar tidak ada kekerasan baik fisik maupun verbal dalam pembelajaran usia dini.

"Anak-anak kan suka meniru perilaku orang di sekelilingnya. Jadi harapannya tidak ada bentak-bentak, kekerasan verbal, apalagi kekerasan fisik. Karena bisa mengganggu kondisi psikologis anak," tandasnya.

Ia berharap guru PAUD bisa menjadi sosok yang bisa diteladani oleh para siswa/siswi. Sehingga pertumbuhan anak-anak usia dini bisa sempurna.

Baca Juga: ASN Kota Batu Gowes Malang-Jakarta Demi Keadilan Tragedi Kanjuruhan

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya