TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jokowi Apresiasi Kesiapan New Normal Pariwisata di Banyuwangi

Jokowi kunjungi villa Solong

Jokowi saat mengunjungi Villa Solong Banyuwangi. IDN Times/Istimewa

Banyuwangi, IDN Times - Presiden Joko Widodo mengecek kesiapan tatanan baru atau new normal di sektor pariwisata di Kabupaten Banyuwangi. Jokowi tiba di Bandara Banyuwangi, Kamis (25/6).

Jokowi didampingi Menko Polhukam Mahfud MD, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menkes Terawan Agus Putranto, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama, Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Pangdam V/Brawijaya Mayjen Widodo Iryansyah, dan Kapolda Jatim Irjen Fadil Imran.

1. Tinjau Villa Solong

Jokowi saat mengunjungi Villa Solong Banyuwangi. IDN Times/Istimewa

Jokowi lalu meninjau Vila Solong yang menghadirkan rumah-rumah khas Suku Osing dengan lansekap indah berlatar Selat Bali. Di sana, Jokowi mendapat paparan tentang kesiapan new normal pariwisata. Jokowi juga melihat aksi Tari Gandrung dengan konsep tatanan baru. Presiden juga sempat melihat Hotel Dialoog yang memadukan modernitas dan lokalitas di bibir pantai tak jauh dari Vila Solong.

”Hari ini saya melihat persiapan Banyuwangi menyiapkan menuju tataanan baru pariwisata. Saya lihat di lapangan, Banyuwangi adalah daerah paling siap menyiapkan menuju prakondisi, menuju normal baru. Peran pemerintah daerah, peran masyarakat, saya lihat di sini partisipasinya bagus sekali,” ujarnya.

Baca Juga: Jokowi Bertolak ke Jatim, Cek Posko COVID-19 Surabaya dan Banyuwangi

2. Apresiasi sektor pariwisata

Jokowi saat mengunjungi Villa Solong Banyuwangi. IDN Times/Istimewa

Jokowi juga mengapresiasi pengembangan pariwisata di Banyuwangi yang memberdayakan masyarakat.

”Saya lihat pariwisata di Banyuwangi melibatkan masyarakat. Hotel-hotel bintang 3 ke bawah, semua diberikan kepada rakyat (melalui pengembangan homestay). Yang bintang 4-5 diberikan kepada investor. Proses seperti ini patut dicontoh daerah lain,” ujarnya.

”Kita dukung penuh yang dilakukan Pak Bupati dan Gubernur menyiapkan prakondisi menuju tatanan normal baru. Hingga nantinya, pada saat timing yang tepat dibuka betul-betul penuh, masyarakat dan pelaku pariwsatanya betul-betul siap,” tambahnya.

Baca Juga: Jokowi Tinjau Pelayanan Publik di Pasar Tradisional Banyuwangi

Berita Terkini Lainnya