Comscore Tracker

Bukan Pendidikan, Ini 5 Jurusan Paling Diminati di Unesa

Wih, opo ae yo kiro-kiro?

Surabaya, IDN Times - Meski dulunya dikenal sebagai Insitut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKP), nyatanya yang menjadi jurusan favorit di Universitas Negeri Surabaya (Unesa) bukanlah jurusan/program studi pendidikan. Justru, yang paling diminati dari tahun ke tahun adalah jurusan Manajemen di bawah naungan Fakultas Ekonomi.

1. Manajemen stabil jadi terfavorit

Bukan Pendidikan, Ini 5 Jurusan Paling Diminati di UnesaVinda Maya Setianingrum, Humas Unesa dalam acaraSosialisasi Penerimaan Mahasiswa Unesa dari Wuhan Rabu (12/2). IDN Times/Tarida Alif

Kepala Humas Unesa, Vinda Maya Setianingrum membenarkan kalau calon mahasiswa baru terbanyak adalah Manajemen. Nah, tahun ini Manajemen akan menerima 180 mahasiswa baru. Jalur SNMPTN 45 mahasiswa, SBMPTN 81 mahasiswa dan SPMB atau Mandiri 54 mahasiswa.

"Kalau yang benar-benar dari tahun ke tahun stabil itu Manajemen. Selalu posisi pertama," ujarnya melalui sambungan telepon, Senin (22/2/2021).

2. Disusul oleh PGSD

Bukan Pendidikan, Ini 5 Jurusan Paling Diminati di UnesaUnesa.ac.id

Jurusan yang paling banyak diminati kedua, sambung Vinda, adalah Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Jurusan yang berada di bawah Fakultas Ilmu Pendidikan ini membuka kuota 200 mahasiswa baru tahun ini. SNMPTN 50 mahasiswa, SBMPTN 90 mahasiswa dan SPMB 60 mahasiswa.

"Mungkin kalau PGSD karena tidak banyak kampus PTN (Perguruan Tinggi Negeri) yang punya ya," kata dia.

Baca Juga: 10 Potret Mira Kirana, Mahasiswi Unesa Juara The Next Didi Kempot 

3. Peringkat ketiga bersaing ketat Psikologi, Ilmu Komunikasi dan Ilmu Hukum

Bukan Pendidikan, Ini 5 Jurusan Paling Diminati di Unesaunesa.ac.id

Vinda menambahkan peringkat ketiga, keempat dan kelima yang favorit di Unesa selalu bergantian alias fluktuatif. Pernah pada SNMPTN 2019 yang diminati terbanyak ketiga adalah Psikologi, SBMPTN 2019 yang diminati terbanyak ketiga adalah Administrasi Negara.

"Pernah juga nomor tiga itu Ilmu Hukum. Jadi yang fluktuatif jadi trend adalah Psikologi, Ilmu Komunikasi, Ilmu Hukum itu bersaing ketat anatara posisi tiga, empat dan lima," bebernya.

"Nah, kalau masuk sepuluh besar ada Teknik Informatika, kita juga agak surprise itu Tata Boga masuk 10 besar (peminatnya) jadi tumben biasanya 15-20 besar. Mungkin anak sekarang lagi pengin punya keterampilan kuliner dan PTN lain gak banyak punya Tata Boga," dia melanjutkan.

Baca Juga: Jalur Prestasi Unesa Surabaya, Penghafal Quran Prioritas, Ini Kuotanya

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya