Comscore Tracker

Obat ARV Jenis Truvada di RSUD dr Soetomo Surabaya Kosong

Kelangkaan ARV terjadi di 15 kabupaten/kota

Surabaya, IDN Times - Kelangkaan obat ARV bagi penderita HIV/AIDS terjadi secara nasional. Berdasarkan data yang diperoleh IDN Times, kelangkaan ini terjadi di 15 kabupaten/kota yang tersebar se-Indonesia.

Adapun 15 daerah yang mengalami kelangkaan obat ARV meliputi Surabaya, Malang, Padang, Sorong, Jakarta Pusat, Yogyakarta, Kupang, Tanjung Pinang, Jakarta Utara, Bekasi, Bogor, Deli, Jakarta Selatan, dan Depok.

Tak luput, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Soetomo, Surabaya pun mengalami kelangkaan obat tersebut.

1. Truvada kosong namun pelayanan masih berlangsung

Obat ARV Jenis Truvada di RSUD dr Soetomo Surabaya KosongIlustrasi Truvada. Irish Times

Kelangkaan obat ARV di rumah sakit terbesar di Jatim ini dibenarkan oleh Kepala Instalasi PKRS dan Humas RSUD dr. Soetomo dr. Pesta Parulian Maurid Edwar SpAn. Dia mengatakan, obat ARV yang kosong hanya satu jenis saja, yakni truvada.

"Truvada memang kosong, info kepala farmasi. Namun, pelayanan masih dapat berlangsung," ujar Pesta saat dikonfirmasi IDN Times, Senin (9/3).

2. Opsinya diganti lamivudin dan tenofir yang fungsinya sama

Obat ARV Jenis Truvada di RSUD dr Soetomo Surabaya KosongHumas RSUD dr.Soetmo, Pesta Parulian. (IDN Times/Fitria Madia)

Meskipun obat ARV jenis truvada kosong, pihak rumah sakit menggantinya dengan dua jenis lainnya. Yaitu lamivudin dan tenovofir. Menurut Pesta, kedua obat tersebut mempunya fungsi dan khasiat yang sama seperti truvada.

"Bisa diganti kombinasi lamivudin dua kali sehari, selang 12 jam dan tenovofir satu kali sehari, khasiat dan fungsi sama," ucap Pesta.

Baca Juga: Pasien di RSUD Dr Soetomo dan Sidoarjo Dipastikan Negatif Virus Corona

3. Stok dua obat pengganti dipastikan cukup

Obat ARV Jenis Truvada di RSUD dr Soetomo Surabaya KosongHumas RSUD Dr Soetomo Surabaya, Pesta Parulian saat ditemui di RSUD Dr Soetomo, Senin (2/12). (IDN Times/Fitria Madia)

Untuk kedua jenis obat ARV yang disebut Pesta, yakni lamivudin dan tenofir, persediaannya masih mencukupi. Sedangkan kelangkaan dan menipisnya persediaan truvada terjadi sejak Februari 2020.

"Stok (dua obat) di RSUD aman. Insyaallah aman, baru aja kok (kelangkaan truvada)" imbuh Pesta.

4. Selain RSUD dr Soetomo, ARV juga langka di RS Saiful Anwar Malang

Obat ARV Jenis Truvada di RSUD dr Soetomo Surabaya KosongIlustrasi (Rappler)

Berdasarkan data koalisi LSM HIV, khusus di Jatim kelangkaan obat ARV tidak hanya di RSUD dr. Soetomo saja. RS dr. Saiful Anwar (RSSA) Malang juga mengalami kelangkaan ARV jenis ritonavir/lovinair dan evafirenz. Kedua jenis obat itu dipastikan kosong.

"Untuk RSUD dr. Soetomo dan RSSA ada beberapa item yang habis, akan kami koordinasikan lagi untuk memanfaatkan item obat yang masih ada. Sehingga, pengobatan tidak terhenti," terang Kepala Dinas Kesehatan Jatim dr. Herlin Ferliana kepada IDN Times.

Baca Juga: Ini Faktor yang Membuat Angka Penderita HIV di Jatim Turun

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya