Comscore Tracker

Jelang Lebaran, Penitipan Kucing di Kafe Kucing Surabaya Meningkat

Si gemas juga dimanjakan dengan fasilitas groming

Surabaya, IDN Times - Penitipan kucing di Kafe Kucing Surabaya, Neko Kepo meningkat 70 persen menjelang Lebaran 2022. Peningkatan ini karena, banyak pemilik kucing yang mudik dan terpaksa menitipkan kucingnya.

1. Sebelumnya ramai di tahun baru

Jelang Lebaran, Penitipan Kucing di Kafe Kucing Surabaya MeningkatNur Ahnaf Resendtria (19) salah satu kru di Kafe Kucing Surabaya. (IDN Times/Khusnul Hasana).

Salah satu kru kafe, Nur Ahnaf Resendtria (19) mengatakan, setidaknya ada 7 kucing yang nantinya akan dititipkan di Neko Kepo. 3 kucing sudah datang di tempat tersebut.

"Jenisnya ada kucing persia ada juga yang kucing lokal," ujar Nur saat ditemui di Kafe Neko Kepo, Selasa (26/4/2022).

Sebelum lebaran jumlah kucing yang dititipkan di kafe tersebut tidak lebih dari 4 kucing setiap hari. Biasanya pemiliknya menitipkan karena harus pergi ke luar kota. "Sebelum-sebelumnya bukan Lebaran yang ramai, malah justru di tahun baru," ungkapnya.

Baca Juga: Jelang Lebaran, Jasa Penitipan Hewan Peliharaan di Malang Kewalahan

2. Kucing difasilirasi groming

Jelang Lebaran, Penitipan Kucing di Kafe Kucing Surabaya MeningkatPengunjung saat bermain kucing di Kafe Kucing Surabaya. (IDN Times/Khusnul Hasana).

Di tempat tersebut, kucing tidak hanya dititipkan saja. Pemilik kafe akan memanjakan kucing dengan fasilitas groming yang terdiri dari memandikan kucing, memotong kuku hingga membersihkan telinga kucing.

"Mau makanan sini kita ada, tapi kalau dari pemilik ada makanan sendiri juga tidak apa-apa. Kita juga free vitamin," tuturnya.

Nur menuturkan, kucing-kucing yang dititipkan di kafe tersebut akan dipisahkan dengan kucing milik kafe. Kafe Neko Kepo sendiri memiliki 13 kucing.

"Jadi kita ada ruangan sendiri untuk kucing penitipan. Kalau kita campur nanti jadi berantem, karena kucingnya baru kenal," kata Nur.

Untuk biaya penitipannya sendiri pihaknya membandrol Rp30 hingga Rp40 ribu perhari. Biaya tersebut tergantung besar kecilnya ukuran kucing.

3. Membawa kucing perjalanan jauh, kucing akan muda stress

Jelang Lebaran, Penitipan Kucing di Kafe Kucing Surabaya MeningkatNur Ahnaf Resendtria (19) salah satu kru di Kafe Kucing Surabaya. (IDN Times/Khusnul Hasana).

Ia menjelaskan, kucing diperbolehkan melakukan perjalanan jauh. Namun, biasanya kucing akan mudah stress. Ciri-ciri kucing stress biasanya akan menjulurkan lidah dan mengeluarkan ludah.

"Dia kalau di jalan tau, dia akan pusing. Boleh membawa kucing melakukam perjalanan jauh asal dia nyaman. Jadi untuk menghindari stres bisa membawa kucing menggunakan pet cargo atau per carier," kata Nur.

Baca Juga: Tips Bawa Hewan Peliharaan saat Mudik Lebaran

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya