Comscore Tracker

5 Jajanan dan Kuliner Khas Blitar yang Harus Banget Kamu Cicipi

Rugi jika tidak mencicipinya

Berkunjung ke Blitar kurang lengkap jika tidak mencicipi aneka jajanan khasnya. Beragam jajanan yang menjadi khas Blitar dengan mudah dapat ditemukan di beberapa lokasi wisata seperti di kompleks Makam Bung Karno atau Kebon Rojo. Berikut IDN Times merangkum 5 jajanan khas Blitar yang wajib kamu cicipi.

1. Manisnya minuman Es Pleret

5 Jajanan dan Kuliner Khas Blitar yang Harus Banget Kamu CicipiMinuman Es Pleret Khas Blitar. instagram.com/ annapan26

Salah satu minuman khas yang harus dicicipi adalah Es Pleret. Minuman segar ini cocok dinikmati saat siang hari. Nama minuman ini merujuk pada proses pembuatan salah satu bahannya yang di pleret seperti membuat bakso. Pleret sendiri merupakan adonan tepung dicampur air yang dibentuk bola. Selain pleret, minuman ini biasa juga dicampur dengan beragam bahan lain seperti cendol dan serabi.

2. Jajanan Dodol Blimbing dapat dijadikan oleh-oleh

5 Jajanan dan Kuliner Khas Blitar yang Harus Banget Kamu CicipiDodol blimbing khas Blitar. kec-sukorejo.blitarkota.go.id

Blitar juga dikenal sebagai salah satu daerah penghasil Buah Blimbing. Salah satu sentranya berada di Desa Karangsari, Sukorejo. Selain menjual Buah Blimbing, di desa ini juga memproduksi aneka olahan dari buah tersebut. Salah satunya Dodol Blimbing. Teksturnya yang lengket serta rasanya yang sedikit masam khas Blimbing membuat jajanan ini juga cocok dijadikan oleh-oleh.

3. Jajanan Es Drop sudah ada sejak masa kolonial

5 Jajanan dan Kuliner Khas Blitar yang Harus Banget Kamu CicipiJajanan Es Drop khas Blitar yang legendaris. instagram.com/nditbulbul

Es Drop merupakan jajanan legendaris di Blitar. Jajanan ini berbentuk seperti pipa es krim yang memanjang dan stiknya terbuat dari bambu. Es ini dibungkus dengan selongsong kertas yang semakin menambah kesan sederhana. Bahan utama pembuatannya adalah gula jwa atau gula merah yang dicampur dengan santan. Es ini diproduksi pertama kali dengan merek Es Drop Burung Betet sejak tahun 1937. Penjual jajanan ini sangat mudah ditemukan. Jika menemukan penjual jajanan membawa termos es berwarna merah, bisa dipastikan itu penjual es drop.

4. Blitar juga punya Pecel Khas lho..

5 Jajanan dan Kuliner Khas Blitar yang Harus Banget Kamu CicipiPecel khas Blitar. resepdanmasakan.com

Hampir setiap daerah di Jawa Timur mempunyai ciri khas terhadap kuliner pecel. Termasuk di Blitar, kamu harus mencicipi Pecel Blitar. Yang sangat membedakan Pecel Blitar dengan Pecel lain adalah sambalnya. Sambal pecel khas blitar ini memiliki rasa yang khas dibanding dengan pecel Madiun maupun daerah lainnya. Rasa dan aroma segarnya daun jeruk yang membuat sambal pecel khas blitar ini banyak digemari orang.

Baca Juga: 7 Kerajinan Khas Blitar yang Sumbang Pendapatan Daerah

5. Olahan Uceng yang terkenal di Blitar

5 Jajanan dan Kuliner Khas Blitar yang Harus Banget Kamu CicipiUceng goreng (instagram.com/outlet_arsya)

Aneka olahan uceng menjadi kuliner yang banyak dicari jika berkunjung ke Blitar. Uceng sendiri merupakan salah satu jenis ikan sungai yang mempunyai nama latin Nemachilus fasciatus. Ikan ini memiliki ukuran tubuh yang kecil, berbentuk gilig memanjang. Panjangnya bisa mencapai 74 mm dan mempunyai garis vertikal di seluruh badannya. Selain digoreng, uceng juga bisa dinikmati dalam bentuk olahan lain seperti rempeyek dan bothok.

Baca Juga: Santoso, Sosok Guru SMEA yang Menjadi Wali Kota Blitar

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya