Comscore Tracker

7 Wisata Alam di Jombang, dari Sendang hingga Air Terjun

Tempat self-healing terbaik

Kabupaten Jombang memiliki destinasi wisata alam yang tak kalah menarik dari daerah lain di Jawa Timur. Mulai dari Sendang, Waduk, hingga Air Terjun, patut kamu coba. 

Nah, berikut ini ada 7 destinasi wisata alam di Jombang. Simak yuk!

1. Sendang Tlimo

7 Wisata Alam di Jombang, dari Sendang hingga Air Terjunsendang tlimo (instagram.com/minakjimbrox)

Sendang Tlimo berlokasi di antara Desa Marmoyo dan Desa Tanjungwadung sekitar 30 km dari pusat kota Jombang. Sendang Tlimo miliki bebatuan besar yang terbelah seperti terowongan membentuk sungai kecil yang berasal dari Saru Tengah Hutan Jati. Selain itu, kamu bisa melihat keindahan air terjun yang mengalir saat sedang musim hujan. Biasanya, air ini dimanfaatkan warga setempat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Baca Juga: Duran Duren, Destinasi Wisata Terbaru dan Instagramable di Jombang

2. Kebon Pitu

7 Wisata Alam di Jombang, dari Sendang hingga Air Terjunkebon pitu (instagram.com/kebonpitu)

Kebon pitu adalah salah satu wisata alam baru di Jombang. Lokasinya berada di Desa Panglungan, Kecamatan Wonosalam. Di sini menawarkan penginapan dengan fasilitas tenda untuk kapasitas 3-4 orang, di dalamnya sudah ada kasur dan selimut. Tarif per tenda di banderol Rp 350 ribu-Rp 450 ribu. Bagi pengunjung tidak perlu khawatir kelaparan karena sudah disediakan makan pagi dan malam. 

3. Pemandian Sumber Penganten

7 Wisata Alam di Jombang, dari Sendang hingga Air Terjunsumber nganten jogoroto (instagram.com/info_jombang)

Pemandian Sumber Penganten adalah tempat wisata di Jombang yang menyimpan banyak misteri di masa lalu. Konon, ada sepasang muda-mudi yang tak mendapatkan restu kedua orang tuanya. Lalu, pasangan ini melarikan diri ke pemandian dan terjadilah peperangan di area lokasi. Maka dari itu, pemandian ini diberi nama Sumber Penganten.

Selain itu, pemandian Sumber Penganten sering dijadikan tempat ritual untuk bersemedi. Karena banyak warga setempat yang percaya pemandian ini bisa menjadi perantara untuk berdoa.

4. Waduk Jambe

7 Wisata Alam di Jombang, dari Sendang hingga Air Terjunwaduk jambe (instagram.com/krisdidavid)

Ketika kamu berkunjung ke Waduk Jambe di Desa Bangsri, Kecamatan Plandaan. Kamu akan disuguhkan keindahan waduk dengan suasana pepohonan dan suara kicauan burung yang begitu indah. Terlihat banyak pengunjung yang memancing di area waduk. Harga tiket masuknya gratis dan hanya buka di hari Sabtu dan Minggu.

5. Air Terjun Sekar Pudak Sari

7 Wisata Alam di Jombang, dari Sendang hingga Air Terjunair terjun sekar pudak sari (instagram.com/explorejombang)

Lokasi Air Terjun Sekar Pundak Sari ada di Carangwulung, Kecamatan Wonosalam. Akses menuju lokasi, pengunjung harus berjalan kaki sekitar 750 meter atau membutuhkan waktu 45 menit. Untuk jam operasional buka dari 07.00-16.00 WIB. Air Terjun Sekar Pundak Sari miliki air yang jernih dan segar.

6. Air Terjun Sekelip

7 Wisata Alam di Jombang, dari Sendang hingga Air Terjunair terjun sekelip (instagram.com/dheochatra)

Air Terjun Sekelip berada di Wonokerto, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang. Untuk jam operasional buka setiap hari dari 08.00-16.00 WIB. Medan untuk menuju ke lokasi sangat menantang. Pengunjung harus berjalan kaki sekitar 500 meter dari tempat parkir dengan akses jalan yang masih minim.

Setiba di sana, pengunjung akan disuguhkan keindahan air terjun yang indah dan masih alami. Terlihat air mengalir ke bawah begitu derasnya. Tampak banyak pengunjung yang mengabadikan momen di beberapa spot air terjun Sekelip.

7. Air Terjun Sanggar

7 Wisata Alam di Jombang, dari Sendang hingga Air Terjunair terjun sanggar (instagram.com/anggakriss)

Air Terjun Sanggar terletak di Desa Jarak, Kecamatan Wonosalam. Masih berada di deretan kaki gunung Anjasmoro. Tempat wisata ini masih sangat alami, bahkan masih sepi pengunjung. Harga tiket masuk masih gratis. Tidak ada warung atau toko kelontong di area lokasi. Bagi pengunjung jangan lupa untuk membawa bekal yang cukup dan perlengkapan P3K, ya. Akses jalan menuju lokasi masih sulit melalui jalan setapak yang telah disediakan. 

Dari beberapa wisata alam Jombang tersebut, ternyata masih banyak akses jalan yang rusak dan perlu diperbaiki lagi. Jadi, untuk para pengunjung tetap harus hati-hati, ya.

Baca Juga: 10 Wisata Jombang yang Keren, Alamnya Tak Kalah Menawan 

Aya Sofia Photo Community Writer Aya Sofia

Just growing with the flow :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya