Profil Toni Firmansyah, Wonderkid Persebaya yang Dilirik Timnas

Usianya baru 18 tahun!

Persebaya Surabaya memiliki banyak pemain muda yang dianugerahi talenta mumpuni pada 2023/2024. Salah satunya tak lain Toni Firmansyah. Ia merupakan pemain muda yang baru berusia 18 tahun.

Toni lumayan memikat perhatian Bonek Mania baru-baru ini. Wajar saja, ia mendapatkan pemanggilan untuk membela Timnas Indonesia U-20. Hanya saja, Toni masih berada dalam tahap mengikuti training center (TC) yang dilakukan sejak Desember 2023 hingga Januari 2024.

Yuk, simak profil menarik Toni Firmansyah melalui uraian berikut!

1. Sosok bertalenta yang memiliki naluri agresif dalam bermain sepak bola

Profil Toni Firmansyah, Wonderkid Persebaya yang Dilirik TimnasToni Firmansyah (instagram.com/officialpersebaya)

Toni Firmansyah merupakan pemain muda Persebaya yang mempunyai bakat besar. Ia dikenal sebagai sosok yang memiliki naluri agresif dalam bermain sepak bola. Pemain kelahiran 14 Januari 2005 itu adalah pemain yang mempunyai semangat juang tinggi di atas lapangan.

Diketahui, Toni begitu piawai dalam mengisi posisi sektor tengah, terutama gelandang serang. Dengan potensi besarnya, ia adalah calon playmaker andal Bajol Ijo pada masa yang akan mendatang. Sang Wonderkid merupakan pemain muda yang dibekali keterampilan lincah, cekatan, dan gesit dalam mengolah si kulit bundar.

Baca Juga: Persebaya Resmi Datangkan Manuchekr Dzhalilov

2. Darah Toni Firmansyah sangat kental dengan nama Persebaya

Profil Toni Firmansyah, Wonderkid Persebaya yang Dilirik TimnasToni Firmansyah (instagram.com/officialpersebaya)

Toni Firmansyah merupakan pemain asli kelahiran Surabaya, Jawa Timur. Ia mantan jebolan tim sekolah sepak bola, Putra Mars Surabaya, pada 2018. Hanya saja, berkat bakat menonjolnya, ia digaet Persebaya U-13 pada tahun yang sama. Toni sudah menjadi bagian dari Bajol Ijo sedari remaja.

Tak berselang lama, Toni dipercaya naik ke Persebaya U-14 pada 2019. Hebatnya, karier Sang Pemain meningkat lagi usai dipercaya untuk memperkuat Persebaya U-16 pada 2020—2021. Peningkatan karier Toni bahkan terus berlanjut pada tahun berikutnya.

Kali ini, Persebaya U-18 yang memanggil Toni pada 2022. Mereka mengandalkan tenaga Sang Pemain cukup lama hingga Juni 2023. Setelah itu, Persebaya U-18 melepas Toni karena berhasil menembus tim senior Bajol Ijo sejak Juli 2023.

3. Naik ke tim senior Persebaya sejak 2023

Profil Toni Firmansyah, Wonderkid Persebaya yang Dilirik TimnasToni Firmansyah (instagram.com/officialpersebaya)

Toni Firmansyah sudah menembus tim senior Persebaya sejak 1 Juli 2023. Ia direkrut untuk tampil di kompetisi tertinggi di Liga 1 Indonesia 2023/2024. Menariknya, jasa Toni begitu diandalkan Bajol Ijo sejauh ini.

Toni berhasil membukukan statistik 11 penampilan (274 menit bermain) dengan 1 assist bagi Persebaya. Ia benar-benar menunjukkan talenta besarnya hingga paruh musim Liga 1 2023/2024. Menilik catatan penampilan itu, Toni tentu menjadi pemuda yang diharapkan Persebaya sebagai calon bintang pada kemudian hari.

4. Dapat panggilan untuk mengikuti TC bersama Indonesia U-20

Profil Toni Firmansyah, Wonderkid Persebaya yang Dilirik TimnasToni Firmansyah (instagram.com/officialpersebaya)

Toni Firmansyah mendulang capaian positif lagi pada akhir 2023. Kali ini, ia memperoleh panggilan untuk memperkuat Timnas Indonesia U-20. Itu merupakan pemanggilan pertama sepanjang kiprah Sang Pemuda.

Hanya saja, nasib Toni terbilang belum pasti di timnas. Itu disebabkan ia baru mendapat panggilan untuk mengikuti training center (TC). Toni bergabung dengan pemain lainnya di Jakarta pada 30 Desember 2023 hingga 28 Januari 2024. 

Toni Firmansyah harus memanfaatkan peluang TC tersebut bersama Indonesia U-20. Sebab, jika berhasil, ia akan menjadi bagian dari Garuda Muda untuk mengikuti berbagai kejuaraan internasional ke depannya. Namun, itu akan gagal manakala Toni tidak mampu memberikan yang terbaik dalam TC yang diikuti.

Toni Firmansyah bukan satu-satunya pemain muda bertalenta yang dimiliki Persebaya Surabaya pada 2023/2024. Sebab, di lain sisi, masih ada beberapa nama laiknya Ernando Ari, Mikael Tata, dan Andre Oktaviansyah. Meski begitu, keberadaan mereka jelas menjadi aset berharga bagi Bajol Ijo pada masa yang akan mendatang.

Baca Juga: Persebaya Kontrak George Brown

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya