Fakta Mohammad Khanafi, Penyerang Muda Persik Kediri yang Potensial

Cah Kediri Asli, guys!

Pemian muda Persik Kediri, Mohammad Khanafi, cukup mencuri perhatian baru-baru ini. Ia tampil apik dengan menjadi salah satu mesin gol Macan Putih. Pemain berusia 25 tahun itu diketahui moncer dalam dua pertandingan terakhir Persik di Liga 1 Indonesia 2023/2024.

Khanafi adalah pemain asli putra daerah Kediri. Pemain kelahiran 30 November 1997 itu dikenal sebagai pemain muda yang berbakat besar. Ia ulung berperan di posisi penyerang tengah. Namun, terkadang Khanafi juga sanggup bermain sebagai striker bayangan. Berikut ini fakta singkat sosok Mohammad Khanafi.

1. Pemain jebolan Persedikab Kediri dan PON Jatim

Fakta Mohammad Khanafi, Penyerang Muda Persik Kediri yang PotensialMohammad Khanafi (instagram.com/persikfcofficial)

Mohammad Khanafi mulai tertarik dengan dunia sepak bola sedari kecil. Terbukti, pada usia yang masih muda, pemain dengan tinggi badan 167 sentimeter ini sudah mengawali kiprah sepak bola di Persedikab Kediri pada 2018. Ia berkembang cukup lama di sana hingga akhir 2019.

Namun, pada awal 2020, Khanafi dilepas ke tim PON Jawa Timur dengan status pinjaman. Sang pemain dilepas selama 1 musim di sana. Khanafi lantas kembali berkostum Persedikab pada 2021. Ia menjalani periode kedua di klub yang sudah membesarkannya ini selama 1 musim lebih.

Baca Juga: Jadwal Lengkap Persik Kediri pada September 2023

2. Direkrut Persik sejak 2022/2023, langsung mencuri perhatian!

Fakta Mohammad Khanafi, Penyerang Muda Persik Kediri yang PotensialMohammad Khanafi (instagram.com/persikfcofficial)

Karier Mohammad Khanafi meningkat setelah direkrut Persik Kediri pada 2023. Ia dikontrak, tepatnya pada 30 Januari 2023. Kedatangannya kala itu berbarengan dengan empat putra daerah Persik lainnya, seperti Oky Kharisma, Roger Bichario, Jordan Zamorano, dan Bagas Satrio.

Khanafi datang ke Persik pada paruh musim Liga 1 Indonesia 2022/2023. Ia bermain untuk Macan Putih pada putaran kedua kompetisi musim lalu. Menariknya, Khanafi langsung memberikan sumbangsih terbaik pada musim debut di Persik. Ia membukukan statistik 4 gol dalam 12 laga (192 menit tampil) sebagai striker debutan kala itu.

3. Moncer 2 laga beruntun, Khanafi putus tren buruk Persik di Liga 1 2023/2024

Fakta Mohammad Khanafi, Penyerang Muda Persik Kediri yang PotensialMohammad Khanafi (instagram.com/persikfcofficial)

Kiprah positif Mohammad Khanafi rupanya kembali berlanjut pada musim ini. Dikatakan seperti itu lantaran ia cukup impresif di Liga 1 Indonesia 2023/2024. Khanafi sudah mengoleksi catatan 3 gol dalam 9 pertandingan untuk Macan Putih.

Menariknya, ketiga gol yang dicatatkan Khanafi itu terjadi dalam dua laga terakhir Persik di Liga 1 musim ini. Ia mencetak 1 gol ketika menghadapi Persija Jakarta (pekan 12) serta mencetak 2 gol ke gawang Persikabo 1973 (pekan 13). Atas hasil itu, Khanafi memutus tren buruk yang ditorehkan Persik belakangan.

Grafik Persik memang menurun sebelumnya. Macan Putih mengemas 1 hasil seri dan 3 kekalahan dalam 4 laga. Penurunan itu disebabkan absennya dua penyerang asing mereka, Jefinho dan Flavio Silva. Namun, catatan buruk itu berakhir usai Khanafi membawa Persik menang (3-2) atas Persikabo 1973 pada pekan terakhir Liga 1.

4. Khanafi disodori kontrak jangka panjang oleh Persik

Fakta Mohammad Khanafi, Penyerang Muda Persik Kediri yang PotensialMohammad Khanafi (instagram.com/persikfcofficial)

Mohammad Khanafi bisa dibilang sebagai salah satu solusi di tengah kebuntuan Persik Kediri di Liga 1 2023/2024. Ia lumayan sukses menggantikan peran yang ditinggalkan Jefinho dan Flavio Silva. Atas capaian itu, sebutan pemain muda berbakat besar pantas disematkan kepada Khanafi.

Persik sendiri telah menyiapkan langkah panjang untuk Khanafi. Mereka memberikan durasi kontrak yang lumayan panjang bagi sang pemain. Diketahui, Macan Putih memberikan kontrak Khanafi selama 2 tahun, hingga 30 April 2025 mendatang. Itu bisa diartikan jika Persik memiliki pandangan besar kepada Khanafi ke depannya.

Persik Kediri memang terbantu dengan jasa Mohammad Khanafi untuk terlepas dari rekor tak pernah menang dalam empat laga beruntun di Liga 1 Indonesia 2023/2024. Namun, bukan berarti itu menandakan jika Macan Putih telah bangkit. Mampukah Khanafi konsisten memberikan kontribusi terbaik untuk Persik pada laga-laga selanjutnya?

Baca Juga: Dua Pemain Andalan Persik Kediri Absen Saat Menjamu Persis Solo

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya