Arema FC Resmi Pecat Fernando Valente

Widodo C Putro dirumorkan jadi pengganti

Malang, IDN Times - Manajemen Arema FC memutuskan untuk mengakhiri kerja sama dengan Fernando Valente, mereka memutuskan berdasarkan kesepakatan bersama untuk mengakhiri kontrak. Ini setelah kalah dari PSIS Semarang dalam lanjutan kompetisi BRI Liga 1 Musim 2023/2024.

Artinya, Fernando Valente adalah pelatih ketiga yang diakhiri masa baktinya sebagai pelatih Arema FC. Sebelumnya ada nama I Putu Gede Dwi Siswanto dan Joko 'Gethuk' Susilo. Pengganti Valente digadang-gadang adalah Widodo Cahyono Putro.

1. Manajemen Arema FC beralasan pemecatan ini untuk meringankan beban Valente

Arema FC Resmi Pecat Fernando ValentePelatih Arema FC, Fernando Valente. (Dok. Media Officer Arema FC)

Manajer Tim Arema FC, Wibie Dwi Andryas mengatakan jika keputusan ini diambil dengan tujuan untuk meringankan beban yang dirasakan Valente dan memberikan kesempatan bagi tim untuk mendapatkan suasana dan strategi baru. Meskipun demikian, Wiebie tetap mengucapkan terima kasih kepada Valente atas kontribusinya.

"Tentu kami berharap keputusan tersebut dapat membangkitkan semangat tim dan membantu memperbaiki kondisi Arema FC yang saat ini sedang berjuang untuk keluar dari zona degradasi," terangnya saat dikonfirmasi pada Jumat (9/2/2024).

Baca Juga: Peluang Lolos Degradasi Kian Sempit, Pelatih Arema Masih Optimistis

2. Wiebie mengatakan jika kekalahan dari PSIS Semarang berpengaruh besar pada pemecatan Velente

Arema FC Resmi Pecat Fernando ValenteArema FC saat menghadapi PSIS Semarang. (Dok. Media Officer Arema FC)

Wiebie mengungkapkan jika keputusan manajemen ini diambil sebagai reaksi cepat dan obyektif atas hasil yang kurang memuaskan melawan PSIS Semarang. Jadi keputusan ini diharapkan membawa perubahan dan memberikan dampak positif bagi tim. 

"Kami sangat mengapresiasi kontribusi Valente dalam membantu transisi psikologis tim dan perlengkapannya pasca tragedi di Kanjuruhan. Namun kebutuhan tim untuk segera bangkit dari posisi degradasi menjadi fokus utama pengambilan keputusan tersebut," jelasnya.

3. Arema FC akan fokus pada 10 pertandingan terakhir

Arema FC Resmi Pecat Fernando ValentePelatihan Arema FC, Fernando Valente (kiri) bersama General Manajer Arema FC, Yusrinal Fitriandi. (Dok. Media Officer Arema FC)

General Manager Arema FC, Muhammad Yusrinal Fitriandi menyebutkan bahwa kedepan Arema FC harus lebih fokus di sisa pertandingan yang ada. Ini perlu dilakukan untuk terhindar dari jurang degradasi.

"Keputusan strategis harus diambil, tentu saja target kami jelas, Arema harus bisa lolos dari degradasi," tandasnya.

Dengan langkah tersebut, manajemen Arema FC berkomitmen mencari solusi terbaik untuk memastikan tim kembali ke jalur kemenangan dan meraih hasil memuaskan bagi pendukung setia Arema FC.

Baca Juga: Dihajar PSIS Semarang, Pelatih Arema Sebut Pemainnya Kalah Kualitas

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan merajut keabadian. Karena dengan menulis, kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu, keduanya saling tarik-menarik menciptakan sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya