Sambut Liga 2, Stadion Surajaya Lamongan Mulai Berbenah

Renovasi stadion Minggu depan selesai

Lamongan, IDN Times - Stadion Surajaya mulai berbenah jelang bergulirnya kompetisi Liga 2 musim 2023/2024. Sejumlah kerusakan yang sebelumnya menjadi ditemukan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) saat sidak di markas Laskar Joko Tingkir beberapa waktu lalu itu perlahan mulai diperbaiki. Salah satu kerusakan yang paling mencolok adalah kamar ganti pemain.

1. Renovasi stadion Minggu depan selesai

Sambut Liga 2, Stadion Surajaya Lamongan Mulai BerbenahKepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Kabupaten Lamongan Erwin Sulistya Pambudi. IDN Times/Imron

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Kabupaten Lamongan Erwin Sulistya Pambudi mengatakan, perbaikan kerusakan stadion ditargetkan pada Minggu depan sudah selesai. Setelah selesai diperbaiki, rencananya stadion tersebut akan diujicoba dengan menggelar pertandingan antara Dispora dengan awak media.

"Insyaallah Minggu depan perbaikan sudah selesai dan kami sudah siap menyambut baik kompetensi Liga 2 musim depan. Saat ini kita terus melakukan pemeliharaan seperti rumput dan tribun penonton, kata Erwin, Selasa (13/6/2023).

2. Stadion Surajaya Lamongan diklaim masih layak untuk menggelar pertandingan

Sambut Liga 2, Stadion Surajaya Lamongan Mulai BerbenahStadion Surajaya Lamongan. Dok @Instagram perselafc

Erwin menyebut, Stadion Surajaya Lamongan sebenarnya masih layak dipakai untuk menggelar pertandingan. Meski begitu, hasil informasi yang ia terima stadion tersebut masih harus menjalani perbaikan secara total menurut hasil rekomendasi dari Kementerian PUPR.

"Stadionnya masih sangat layak kok dijadikan sebagai tempat pertandingan. Tapi informasinya stadion ini direkomendasikan untuk diperbaiki secara total," terangnya.

Untuk perbaikan stadion sendiri pun dibutuhkan dana tidak sedikit. Diperkirakan total pembiayaan pembangunan mencapai Rp250 miliar. Dana itu rencananya akan digunakan untuk perbaikan bangunan, lampu, dan rumputnya. 

"Informasi yang kami terima, Stadion Kanjuruhan Malang dulu yang bakal diperbaiki, setelah itu entah stadion mana lagi yang diperbaiki PUPR. Tapi harapan kami setelah itu Surajaya," pungkasnya.

3. Surajaya mendapat nilai 'cukup' dari Mabes Polri

Sambut Liga 2, Stadion Surajaya Lamongan Mulai BerbenahLaga Ujicoba Persela Lamongan vs Persebaya di stadion Surajaya Lamongan. IDN Times/Istimewa

Sebelumnya, Tim Risk Assessment Mabes Polri memberikan penilaian 'cukup' bagi Markas Persela Lamongan Stadion Surajaya. Hasil ini diketahui setelah tim melakukan penilaian sejak Kamis (5/1/2023), kemarin. Untuk kategori penilaian sendiri dibagi menjadi 4 katagori, di antaranya nilai di bawah 56 masuk kategori kurang, kemudian 56 sampai 70 masuk kategori cukup, nilai 71 sampai 85 masuk kategori baik, sedangkan 86 sampai 100 kategori baik sekali.

Ketua Tim Risk Assessment Mabes Polri, Kombes Pol Budi Karyono mengatakan, penilaian sendiri didasarkan pada Peraturan Kepolisian Negara (Perpol) Nomor 10 tahun 2022, tentang pengamanan penyelenggaraan kompetisi olahraga. Sementara penilaiannya meliputi 6 aspek.

"Ada enam aspek yang kita nilai mulai dari infrastruktur, kelengkapan, risiko kompetisi, sistem manajemen keamanan, keselamatan, hingga informasi dan Stadion Surajaya mendapatkan nilai 69,15. Jadi masuk kategori cukup,"kata Budi, Jumat (6/1/2023).

Baca Juga: Audit Stadion Surajaya Lamongan, PUPR Temukan Bangunan yang Keropos

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya