Jamu Singapore Slingers, CLS Knights Tumbang di Markasnya

CLS saat ini tertahan di posisi 7

Surabaya, IDN Times - BTN CLS Knights Indonesia harus menyerah 68-71 dari tamunya Singapore Slingers dalam lanjutan Kompetisi Asean Basketball League (ABL) 2018-2019, di GOR Kertajaya, Surabaya, Rabu (27/2). Pelatih, Brian Rowsom langsung menurunkan lima pemain intinya, Douglas Herring Jr, Brandon Jawato, Wong Wei Long, Darryl Watkins dan Maxie Esho.

CLS Knights sempat unggul di tiga kuarter awal (19-16, 37-33, 54-53). Namun, petaka justru terjadi memasuki menit akhir kuarter keempat, Singapore Slingers akhirnya yang justru memenangi laga ini.

1. Xavier Alexander pahlawan Singapore Slingers

Jamu Singapore Slingers, CLS Knights Tumbang di MarkasnyaDok.IDN Times/Istimewa

 

Kemenangan Singapore Slingers berkat penampilan gemilang pemain asing mereka Xavier Alexander, yang malam ini mencetak 14 angka, lima rebound dan enam assist, termasuk tembakan tiga angkanya di kuarter keempat yang cukup krusial untuk menyamakan kedudukan 65-65. Dalam sisa waktu dua menit 25 detik, tim asuhan Beng Siang Neo untuk bisa mencuri kemenangan di GOR Kertajaya.

2. CLS Knights banyak buang peluang

Jamu Singapore Slingers, CLS Knights Tumbang di MarkasnyaDok.IDN Times/Istimewa

 

Sebenarnya CLS Knights Indonesia hampir saja memenangi laga ini. Sayangnya, beberapa kali lay up dan kesempatan mencetak angka lewat tembakan free throw tidak mampu di eksekusi dengan baik.

Padahal menjelang kuarter keempat usai, center lawan yakni John Field sudah mendapatkan lima kali pelanggaran dan harus keluar lapangan. Namun sebelum ia kembali ke bangku cadangan, pemain bertubuh besar itu mampu mencetak double-double, 21 poin dan 14 rebound.

Sementara pemain tuan rumah Maxie Esho menjadi topksor untuk timnya, ia meraih 16 angka dan delapan rebound. Tiga pemain lainnya juga turut mencetak raihan double digit, yakni Darryl Watkins 11 poin, Brandon Jawato 10 poin dan Douglas Herring Jr 12 poin. Namun, raihan itu belum cukup membawa mereka untuk menyudahi lawannya.

Baca Juga: CLS Knight Berhasil Kunci Kemenangan Kesepuluh di Surabaya

3. Singapore Slingers lebih tenang

Jamu Singapore Slingers, CLS Knights Tumbang di MarkasnyaDok.IDN Times/Istimewa

Kemenangan Singapore Slingers tidak luput dari ketenangan mereka memainkan tempo permainan. Dalam catatan, mereka unggul dalam second chance points 17 angka sementara CLS Knights tujuh poin dan mencetak angka dari fast break delapan berbanding tujuh serta poin dari pemain cadangan lima berbanding empat angka.

Meski Singapore Slingers lebih banyak melakukan kesalahan 12 berbanding enam, tapi dengan kecerdikan mereka satu bola rebound yang krusial memantapkan mereka meraih hasil positip atas tuan rumah CLS Knights.

4. CLS tertahan posisi tujuh, Singapore Slingers posisi tiga

Jamu Singapore Slingers, CLS Knights Tumbang di MarkasnyaDok.IDN Times/Istimewa

 

Dengan kekalahan ini CLS Knights Indonesia turun satu tingkat di peringkat ketujuh. Dengan raihan 11 kali menang, 11 kali kalah. Sedangkan Singapore Slingers tetap berada di posisi ketiga klasemen sementara.

“Sebenarnya ini game yang sangat gampang. Tapi pemain lawan sangat cerdik dalam memainkan tempo dan bermain secara kolektif. Kami banyak kehilangan angka dari free throw, kalah di ofensif rebound dan beberapa lay up juga tidak masuk," ujar pelatih, Brian Rowsom di hadapan awak media selepas laga usai.

"Menghadapi Westport Malaysia Dragons (di GOR Kertajaya, Minggu, 3 Maret 2019) kami harus bermain dengan tempo cepat dan menekan serta menambah akurasi tembakan lagi. Secara keseluruhan saya nilai penampilan kami malam ini di angka 6,” tandas Brian.

Baca Juga: CLS Knights Rebut Kemenangan ke-11 ABL di Vietnam

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya