TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Duel 2 Sahabat, Fernando Valente: Kita Lihat Siapa yang Tertawa

Fernando Valente doakan Bernardo Tavares sukses di PSM

Pelatih Arema FC, Fernando Valente. (Dok. Media Officer Arema FC)

Malang, IDN Times - Meskipun baru pertama kali melatih tim Liga 1, Fernando Valente ternyata sudah memiliki sahabat lama yang juga sama-sama melatih tim Liga 1. Dia adalah pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares. Persahabatan keduanya sudah lama terjalin karena sama-sama memiliki kewarganegaraan Portugal.

Keduanya akan bertemu sebagai rival saat PSM Makassar menjamu Arema FC di Stadion Gelora BJ Habibie Parepare pada Jumat (20/10/2023). Fernando meyakinkan dia tidak akan melemah meskipun lawannya adalah Bernardo.

Baca Juga: Jelang Saling Jajal, Tavares Sebut Arema FC Senasib dengan PSM

1. Fernando Valente berharap keberuntungan Bernardo di PSM tidak muncul saat menghadapi Arema FC

Pelatih PSM Makassar Bernardo Tavares dalam laga Grup H AFC Cup 2022 kontra Tampines Rovers di KLFA Stadium Kuala Lumpur, Senin 27 Juni 2022. (the-afc.com)

Fernando mengatakan jika Bernando sudah membuat pekerjaan yang sangat baik di PSM Makassar. Namun ia memiliki masalah yang sama seperti dirinya di musim ini. Keduanya sama-sama terdampar di papan bawah dan sedang berusaha membalikkan performa tim.

Fernando mengaku sangat respek dengan pelatih 43 tahun ini, menurutnya Bernardo tidak pernah kehilangan sentuhan sebagai pelatih yang baik. Menurutnya, mentalitas sebagai pelatih adalah mencari solusi di setiap masalah yang dihadapi tim yang ditukanginya.

"Tapi kita lihat nanti hasilnya seperti apa, siapa yang akan tersenyum pada akhirnya. Di luar hasilnya nanti saya sangat respect dengannya sebagai sahabat," terangnya saat dikonfirmasi pada Jumat (20/10/2023).

Fernando mengatakan ia selalu mendoakan agar Bernardo mendapatkan keberuntungan pada setiap pertandingan bersama PSM Makassar, sehingga dia bisa sukses di sana. Tapi ia berharap keberuntungan tersebut tidak muncul saat PSM Makassar bertemu Arema FC.

"Saya memang berharap dia memiliki banyak keberuntungan bersama tim ini. Tapi saya harap keberuntungan itu tidak datang saat mereka menghadapi kami," ucapnya sambil diikuti tertawaan.

2. Fernando Valente mengakui kondisi Arema FC pincang saat menghadapi PSM Makassar

Pemain Arema FC saat melakukan sesi latihan di Stadion Gelora BJ Habibie Parepare. (Dok. Media Officer Arema FC)

Pelatih 64 tahun ini mengakui jika kondisi timnya sedang tidak bagus karena diterpa badai cedera. Kondisi ini membuat pekerjaannya kian sulit untuk mempersiapkan tim. Namun, ia sudah terbiasa dengan masalah di tim Arema FC karena setiap Minggu selalu ada kendala, terutama kendala yang berhubungan dengan kondisi kebugaran pemain.

"Tapi kita di sini untuk menyelesaikan masalah, dan selalu mencoba mencari solusi. Dengan pemain yang tersedia kita selalu mencari opsi terbaik untuk membangun tim yang kompetitif. Ini akan terjadi pada pertandingan ini," jelasnya.

Ia sadar kini Singo Edan dalam fase yang sulit, oleh karena itu setiap pemain harus siap tampil kapanpun dibutuhkan. Fernando akan memanfaatkan setiap pemain yang tersedia untuk mendapatkan hasil maksimal di tiap pertandingan.

Baca Juga: Arema FC Pincang saat Hadapi PSM Makassar

Verified Writer

Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan untuk merajut keabadian. Dengan menulis kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu adalah 2 unsur yang saling tarik menarik membentuk sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya