Target Keluar Degradasi Sebelum Jeda, Arema Incar PSM dan Madura

Arema FC target sapu bersih sisa 2 laga

Malang, IDN Times - Arema FC kini tengah memantapkan tim sebelum berakhirnya jeda internasional. Mereka tengah menjalankan Training Camp (TC) di Kota Batu sejak 15 Oktober 2023 sampai 18 Oktober 2023.

TC ini dilakukan untuk mempersiapkan 2 laga terakhir Singo Edan sebelum jeda paruh musim pada November 2023. Arema memberikan ultimatum pada 2 lawannya yaitu PSM Makassar dan Madura United. Mereka menegaskan akan menyapu bersih 2 laga terakhir sebelum jeda kompetisi.

1. Arema FC targetkan lepas dari zona degradasi sebelum jeda kompetisi

Target Keluar Degradasi Sebelum Jeda, Arema Incar PSM dan MaduraArema FC saat melaksanakan TC di Kota Batu. (Dok. Media Officer Arema FC)

Arema FC kini masih terjebak di peringkat 16 atau zona degradasi dengan mengoleksi 13 poin dari 15 pertandingan. Mereka hanya terpaut 2 poin dari Persita Tangerang yang ada di peringkat 15. Singo Edan setidaknya harus menyalip Persita Tangerang agar bisa lolos dari jurang degradasi.

"Target kita setidaknya bisa lolos dari zona degradasi sebelum putaran kedua. Jadi, dua pertandingan ini sangat penting untuk kita," terang Pelatih Arema FC, Fernando Valente saat dikonfirmasi pada Selasa (17/10/2023).

Menurut Fernando, perjalanan Singo Edan akan lebih mudah pada putaran kedua jika beban ancaman degradasi sudah terlewati. Oleh karena itu, 6 poin saat menghadapi PSM Makassar dan Madura United adalah target yang harus dicapai.

2. Arema FC tidak akan mudah mendapatkan poin menghadapi PSM Makassar

Target Keluar Degradasi Sebelum Jeda, Arema Incar PSM dan MaduraArema FC saat melaksanakan TC di Kota Batu. (Dok. Media Officer Arema FC)

Meskipun memiliki target sapu habis dua pertandingan terakhir putaran pertama Liga 1 Musim 2023/2024, bukan hal yang mudah merebut 3 poin dari PSM Makassar dan Madura United. Pasalnya meskipun PSM tengah terpuruk di peringkat 13, Arema FC masih harus bermain di Stadion Gelora BJ Habibie yang jadi markas Juku Eja pada Jumat (20/10/2023).

Kemudian meskipun Arema FC menjadi tuan rumah saat menghadapi Madura United pada Sabtu (28/10/2023), Madura United adalah tim tangguh yang menempati peringkat 2 di papan klasemen Liga 1. Mereka kini tengah bersaing menuju jalur juara bersama Borneo FC.

"Kita akan melakukan yang terbaik untuk menambah poin. Yang paling penting saat ini adalah bagaimana mengeluarkan tim dari zona degradasi," tegas Fernando.

3. Arema FC latih transit dari menyerang dan bertahan

Target Keluar Degradasi Sebelum Jeda, Arema Incar PSM dan MaduraArema FC saat melaksanakan TC di Kota Batu. (Dok. Media Officer Arema FC)

Arema FC yang masih melakukan TC di Kota Batu tengah fokus menggenjot fisik dan strategi tim. Terutama transisi antara menyerah menuju bertahan begitu sebaliknya. Fernando mengatakan jika kelemahan Singo Edan selama ini adalah para pemain tidak siap saat mendapatkan serangan balik cepat.

"Saat ini yang paling penting adalah keseimbangan antara deffence atau offence. Bagaimana kita bisa menyerang dengan baik lalu mencetak gol saat memegang bola, dan bagaimana kita bisa bertahan saat kehilangan bola," tandasnya.

Pelatih asal Portugal ini juga mengatakan jika TC di Kota Batu sangat sempurna saat ini, pasalnya fasilitas latihan di kota ini sangat lengkap sehingga latihan mereka bisa ditunjang dengan baik. Lalu letak Kota Batu yang dekat dengan Kota Malang membuat para pemain bisa lebih dekat dengan keluarga.

Baca Juga: Fernando Valente Minta Pemain Muda Arema FC Buang Egoisme

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan untuk merajut keabadian. Dengan menulis kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu adalah 2 unsur yang saling tarik menarik membentuk sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya