Fernando Valente Minta Pemain Muda Arema FC Buang Egoisme

Pemain muda diharapkan bisa bermain di banyak posisi

Malang, IDN Times - Musim ini Singo Edan memang dihuni banyak pemain muda yang minim pengalaman di Liga 1. Hasilnya mereka kurang maksimal saat menghadapi tim-tim lain yang memiliki pemain-pemain berpengalaman. Kondisi ini membuat Arema FC terdampar di zona degradasi atau peringkat 16 dengan mengoleksi 13 poin dari 15 pertandingan.

Oleh karena itu, Manajemen Arema FC mendatangkan Fernando Valente untuk memaksimalkan skuad muda Singo Edan. Pasalnya pelatih asal Portugal ini sebelumnya melatih tim junior Shakhtar Donetsk.

1. Fernando mengatakan jika pemain muda mudah terbuai oleh media dan agen pemain

Fernando Valente Minta Pemain Muda Arema FC Buang EgoismeArema FC saat melakukan uji coba dengan NZR FC. (Dok. Media Officer Arema FC)

Fernando yang dulu pernah mendidik Mykhailo Mudryk mengatakan jika pemain muda yang mulai menunjukkan performa bagus sangat mudah terbuai oleh pujian media dan agen pemain. Justru pujian-pujian ini yang membuat ekspektasi publik meningkat pada pemain yang berlum berpengalaman.

Ekspektasi ini membuat pemain akan mendapatkan kritik tajam saat ia melakukan sedikit kesalahan. Padahal pemain-pemain muda sudah wajar melakukan kesalahan, kesalahan inilah yang membuat mereka belajar dan mendapatkan pengalaman.

"Jadi pekerjaan saya di sini adalah bagaimana mempersiapkan pemain-pemain agar memiliki kekuatan mental. Para pemain Arema harus memiliki kekuatan mental," terangnya saat dikonfirmasi pada Senin (16/10/2023).

Baca Juga: 4 Alasan Evan Dimas Harus Hengkang dari Arema FC 

2. Fernando mengingatkan pemain muda agar tidak bermain egois

Fernando Valente Minta Pemain Muda Arema FC Buang EgoismeArema FC saat melakukan TC di Kota Batu. (Dok. Media Officer Arema FC)

Ia juga mengungkapkan jika para pemain muda terkadang ingin menunjukkan kapasitasnya, sehingga mereka tidak sadar bermain hanya untuk dirinya sendiri atau bermain egois. Pemain muda harus mulai terbuka dengan ide-ide baru yang dibawa pelatih. Kemampuan beradaptasi inilah yang perlu dimiliki pemain, apalagi jika mereka mendapatkan tim baru dengan sistem atau gaya permainan yang berada dari tim sebelumnya.

Menurutnya pemain muda tidak boleh mudah menyerah ketika berhadapan dengan kondisi sulit di tim barunya. Mereka harus paham dengan ide dari pelatih baru yang dia ikuti. Karena jika mereka tidak mau berubah, maka pelatih tentu saja akan menyingkirkannya dari tim.

"Pemain muda harus punya pikiran terbuka untuk memahami tentang situasi di sebuah kompetisi. Mereka harus mempersiapkan diri terkait pengetahuan di sebuah pertandingan, dan dia paham semua posisi di dalam permainan sepak bola," tegas Fernando.

3. Fernando mencontohkan kondisi Arkhan Fikri di Arema FC yang sulit bersaing di lini tengah

Fernando Valente Minta Pemain Muda Arema FC Buang EgoismeArema FC saat melakukan TC di Kota Batu. (Dok. Media Officer Arema FC)

Fernando mencontohkan kondisi Arkhan Fikri di Arema FC, ia membeberkan jika Arkhan kesulitan menembus posisi aslinya sebagai gelandang serang di Arema FC karena posisi itu dipenuhi dengan pemain lain yang berpengalaman. Ia mencontohkan Arema FC sudah memiliki Ariel Lucero dan Ginanjar Wahyu yang posisinya sulit tergusur saat ini. Oleh karena itu, Arkhan harus bersabar dan mulai belajar bermain di posisi lain yang tengah dibutuhkan oleh tim.

"Mungkin kalau di tengah sudah penuh, kita coba di posisi lain, dan pemain-pemain itu harus paham mengatasi setiap perubahan posisi. Jadi kesimpulannya adalah pemain muda harus mempunyai kekuatan mental, tidak mudah menyerah, pikiran yang terbuka, dan selalu bersiap untuk bermain di posisi manapun," tandasnya.

Fernando mengatakan jika terkadang pemain muda selalu mencari alasan, kemudian berbicara kalau pelatih tidak menyukainya karena tidak mau memasukkannya di posisi yang disukainya. Ia menyayangkan pemain-pemain muda denga sifat tersebut. Pasalnya pelatih hanya akan memainkan pemain yang siap bermain di posisi yang dibutuhkan.

Baca Juga: Fernando Valente Jawab Rumor Ze Valente ke Arema FC

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan untuk merajut keabadian. Dengan menulis kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu adalah 2 unsur yang saling tarik menarik membentuk sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya