Fakta Coach Mustaqim, Asisten Manajer Anyar Persik Kediri

Eks asisten pelatih Persebaya, Persija, dan Timnas Indonesia

Persik Kediri resmi melepas asisten pelatihnya di tengah berlangsungnya Liga 1 Indonesia 2023/2024. Ia bernama Alfiat, sosok yang pernah membawa Macan Putih menjuarai liga kasta bawah. Namun, Persik sudah menemukan penggantinya dengan mendatangkan coach Mustaqim saat ini.

Mustaqim merupakan sosok asisten pelatih yang pernah aktif menjadi pemain sepak bola. Ia merupakan mantan striker andalan Persebaya dan Timnas Indonesia era 1980—1990an. Bahkan, untuk prestasi, Mustaqim pernah menjadi salah satu aktor penting Persebaya ketika sukses menyabet gelar juara Perserikatan 1987-1988.

Dalam karier kepelatihannya, coach Mustaqim memiliki pengalaman luas di sepak bola Tanah Air. Ia diketahui sudah menangani banyak klub ternama selama ini. Bahkan, sebelum bergabung dengan Persik, sang asisten sempat bekerja untuk Persebaya selama 4 tahun pada medio 2020—2023. Berikut ini fakta menarik coach Mustaqim.

1. Asisten pelatih yang dibekali segudang pengalaman

Fakta Coach Mustaqim, Asisten Manajer Anyar Persik KediriMustaqim (instagram.com/caktaqim13)

Coach Mustaqim merupakan asisten pelatih yang sudah malang melintang di sepak bola Indonesia. Ia tercatat setidaknya pernah menangani sebelas klub sepanjang karier kepelatihan. Bahkan, Mustaqim dominan membesut klub besar di Tanah Air selama ini.

Adapun klub-klub yang pernah ditangani coach Mustaqim, di antaranya Persebaya Surabaya, Persela Lamongan, Gresik United, Mitra Kukar, PS Bontang PKT, Deltras Sidoarjo, PS Sumbawa, Indonesia U-23, PS TNI, Persija Jakarta, dan Persik Kediri. Ia sejauh ini menghabiskan waktu kisaran 27 tahun dalam karier kepelatihannya, dari 1997—2023. Bersama ke-11 klub di atas, Mustaqim diketahui pernah memegang jabatan sebagai kepala pelatih maupun asisten.

Baca Juga: Bejo dan Mustaqim Dipecat, Manajemen Fokus Cari Ganti Aji

2. Sempat menukangi Timnas Indonesia U-23

Fakta Coach Mustaqim, Asisten Manajer Anyar Persik KediriMustaqim (instagram.com/officialpersebaya)

Menariknya, coach Mustaqim pernah diberi amanah untuk menangani Timnas Indonesia U-23 pada 2015. Ia menjadi asisten pelatih saat mendampingi Aji Santoso sebagai kepala manajer kala itu. Mereka dipercaya menakhodai skuad Garuda Muda ketika berkompetisi di SEA Games 2015.

Hanya saja, Mustaqim dan Aji gagal membawa Indonesia U-23 meraih torehan hasil apik di ajang itu. Sempat impresif pada fase penyisihan grup, mereka harus gugur setelah dikalahkan Thailand pada babak semifinal. Alhasil, Garuda Muda gagal meraup podium juara ketiga di SEA Games 2015. Mustaqim dan Aji pun pulang dengan tangan hampa bersama anak asuhannya kala itu.

3. Pernah membawa Persija juara Liga 1 2018

Fakta Coach Mustaqim, Asisten Manajer Anyar Persik KediriMustaqim (instagram.com/caktaqim13)

Meski gagal di timnas, coach Mustaqim diketahui pernah menggapai prestasi di level klub. Ia pernah membawa Persija juara pada 2018. Bahkan, Mustaqim berhasil mempersembahkan dua gelar juara sekaligus pada saat itu.

Bersama coach Mustaqim, Persija berhasil menjuarai Liga 1 Indonesia dan Piala Presiden pada 2018. Klub berjuluk Macan Kemayoran itu juara ketika masih dikepalai Stefano Cugurra sebagai kepala pelatih. Prestasi ini sendiri menjadi capaian terbaik dalam karier kepelatihan Mustaqim.

4. Direkrut Persik, Mustaqim sudah tak asing dengan klub-klub Jatim

Fakta Coach Mustaqim, Asisten Manajer Anyar Persik KediriMustaqim (instagram.com/persikfcofficial)

Coach Mustaqim resmi ditunjuk untuk mengisi peran asisten pelatih yang ditinggalkan coach Alfiat di Liga 1 Indonesia 2023/2024. Itu terjadi setelah sang asisten pelatih menyetujui perihal untuk meninggalkan Persebaya. Pastinya, kedatangan Mustaqim diharapkan dapat memberi perubahan positif bagi Macan Putih musim ini.

Bisa dibilang, coach Mustaqim sudah tak asing lagi dengan klub-klub yang berasal dari Jawa Timur. Itu jelas menjadi salah satu bekalnya ketika dipercaya untuk menangani Persik di Liga 1 2023/2024. Mustaqim sendiri akan mendampingi kepala pelatih Persik asal Brasil, Marcelo Rospide, nantinya.

Mustaqim memiliki pengalaman menangani empat klub Jatim sebelumnya. Mereka adalah Persebaya, Persela, Gresik United, dan Deltras. Mustaqim pun memegang jabatan sebagai kepala pelatih saat membesut Persela, Gresik, dan Deltras. Kemudian menjadi asisten pelatih untuk Persebaya dan pada periode kedua bersama Persela.

Itulah fakta-fakta menarik yang dapat diambil dari sosok coach Mustaqim. Jika dilihat dari rekam jejaknya, maka tak mustahil dirinya dapat membawa perubahan yang positif bagi Persik Kediri saat mengarungi Liga 1 Indonesia 2023/2024. Menurutmu, apakah Mustaqim akan membawa perubahan yang lebih baik bagi Macan Putih nantinya?

Baca Juga: Diistirahatkan, Mustaqim: Gak Masalah, Saya Gak Minta Mundur

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya