Evan Dimas Menghilang Hingga TC Arema FC Berakhir, Sinyal Out?

Nasib Evan Dimas di ujung tanduk

Malang, IDN Times - Arema FC sejak 15 Oktober 2023 hingga 17 Oktober 2023 melaksanakan Training Camp (TC) di Kota Baru. Latihan khusus ini dipersiapkan untuk mematangkan fosik dan strategi tim jelang 2 laga terakhir putaran pertama Liga 1 Musim 2023/2024. Arema FC akan menghadapi PSM Makassar dan Madura United.

Namun, ada pemandangan ganjil saat Arema FC melaksanakan TC selama tiga hari di Kota Batu. Gelandang Singo Edan, Evan Dimas Darmono tak tampak batang hidungnya.

1. Evan Dimas disebut telah ijin sakit sehingga tidak bisa ikut latihan

Evan Dimas Menghilang Hingga TC Arema FC Berakhir, Sinyal Out?Evan Dimas saat menggiring bola. (Dok. Media Officer Arema FC)

Pelatih Arema FC, Fernando Valente mengatakan jika Evan telah mengajukan izin untuk tidak mengikuti latihan karena sakit. Namun, ia tidak menjelaskan mantan pemain Persija Jakarta ini mengalami sakit apa. Sejak dua Minggu yang lalu sang pemain tengah berada di kediamannya di Surabaya.

"Evan sakit, ia mengatakan sakit sejak tim berada di Bali. Oleh karena itu ia tidak bisa mengikuti latihan," terangnya saat dikonfirmasi pada Rabu (18/102/2023).

Mantan kapten Tim Nasional (Timnas) U-19 ini memang sudah tak terlihat keberadaannya sejak Arema FC pulang dari Stadion Kapten I Wayan Dipta usai dibekuk Borneo FC pada Jumat (6/10/2023). Sejak saat itu ia tidak lagi tampak pada latihan Arema FC.

2. Absennya Evan Dimas dalam sepekan latihan akan jadi bahan evaluasi oleh manajemen Singo Edan

Evan Dimas Menghilang Hingga TC Arema FC Berakhir, Sinyal Out?Gelandang Arema FC, Evan Dimas saat mengontrol bola. (Instagram/aremafcofficial)

Absennya Evan dalam sepekan latihan Arema FC bukan sinyal yang baik untuk keberlanjutan karir pemain 28 tahun ini di Singo Edan. Absennya Evan akan jadi bahan evaluasi manajemen apakah jebolan Akademi Persebaya Surabaya ini layak dipertahankan atau tidak.

"Kita tunggu saja evaluasi tim pada akhir bulan nanti. Kita sekarang fokus saja pada 2 pertandingan terakhir," ujar pelatih 64 tahun ini.

Kini TC Arema FC telah resmi berakhir, skuad Singo Edan tengah bersiap berangkat ke Stadion Gelora BJ Habibie Parepare untuk menghadapi tuan rumah PSM Makassar pada Jumat (20/10/2023). Artinya sudah tidak ada waktu lagi bagi Evan Dimas menunjukkan kapasitasnya di depan Fernando. Sehingga kian kecil kesempatan Evan merumput hingga jeda paruh musim.

Baca Juga: 4 Penyebab Grafik Permainan Evan Dimas Menurun di Arema FC

3. Evan Dimas kehilangan tempat sejak Arema FC melakukan pergantian pelatih

Evan Dimas Menghilang Hingga TC Arema FC Berakhir, Sinyal Out?Evan Dimas saat melakukan penetrasi di laga melawan Bhayangkara Solo FC. (Dok Media Officer Arema FC)

Sejak Arema FC melakukan pergantian pelatih di tengah-tengah kompetisi Liga 1 Musim 2023/2024, Evan seperti tak lagi dibutuhkan karena jarang diturunkan. Fernando tercatat sudah memimpin Singo Edan dalam 6 pertandingan terakhir, selama itu pula Evan Dimas lebih banyak menjadi penonton. Saat 2 laga debut Fernando menghadapi Bhayangkara FC dan Persikabo 1973, nama Evan menghilang dari daftar pemain. 

Pemain asli Surabaya ini baru terlihat kembali saat laga menghadapi Persita Tangerang pada Sabtu (16/9/2023), namun ia hanya jadi penghangat bangku cadangan. Evan kemudian baru dimainkan sebagai pemain pengganti saat Arema FC dibekuk Persebaya Surabaya dengan skor 3-1 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, saat itu ia baru masuk pada menit 83 menggantikan Arkhan Fikri. Sepanjang 7 menit tampil, Evan tidak menunjukkan pengaruh signifikan pada permainan Singo Edan.

Pada laga-laga selanjutnya Evan tak lagi dipakai oleh Fernando, ia hanya jadi penghias bangku cadangan saat Arema FC menaklukkan PSS Sleman pada Sabtu (30/9/2023). Dan ia kembali tidak diboyong saat menghadapi Borneo FC pada Jumat (6/10/2023).

Baca Juga: 4 Alasan Evan Dimas Harus Hengkang dari Arema FC 

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan untuk merajut keabadian. Dengan menulis kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu adalah 2 unsur yang saling tarik menarik membentuk sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya