Warga Jombang Temukan Benda Kuno Mirip Sumur di Area Persawahan

Ditemukan saat menanam singkong

Jombang, IDN Times - Seorang warga bernama Muhammad Sholeh (36) tidak sengaja menemukan benda cagar budaya bentuknya menyerupai sumur. Benda itu ditemukan Sholeh di area persawahan Dusun Sumbersari, Desa Sukosari, Kecamatan Jogoroto, Kabupaten Jombang. Temuan itu telah ia laporkan ke perangkat desa setempat.

"Tanpa sengaja saya menemukan benda ini pada Senin (15/2/2021) siang. Saat itu langsung saya laporkan ke perangkat desa lalu dicek lagi ke sini," ujar Sholeh pada IDN Times, Rabu (17/3/2021).

Baca Juga: Diduga dari Zaman Majapahit, Sumur Kuno Ditemukan di Kediri

1. Ditemukan saat hendak menanam singkong

Warga Jombang Temukan Benda Kuno Mirip Sumur di Area PersawahanBenda kuno mirip sumur ditemukan di sawah. IDN Times/Zainul Arifin

Sholeh menuturkan, saat itu ia ke sawah bermaksud membersihkan tanah disekitar lokasi untuk ditanami singkong. Di saat bersih-bersih, Sholeh dikejutkan adanya benda mirip sumur yang letaknya di antara himpitan tanaman tebu. Posisi benda itu di atas permukaan tanah.

"Kok ada gundukan, kemudian saya cangkul. Dan baru sampai pada kedalaman 5 sentimeter, saya temukan benda seperti bul (sumur kuno). Bahannya ini dari tanah liat. Waktu saya temukan itu kondisinya sudah pecah," jelasnya.

2. Sumur kuno berdiameter 90 sentimeter

Warga Jombang Temukan Benda Kuno Mirip Sumur di Area PersawahanSumur Kuno ditemukan warga Jombang di area persawahan. IDN Times/Zainul Arifin

Temuan itu membuat warga sekitar heboh dan mendatangi lokasi. Menurut Sholeh, benda terbuat dari tanah liat itu memiliki diameter 80 sampai 90 sentimeter dengan ketebalan bibir sekitar 15 sentimeter. Serpihan dari benda itu juga ditemukan di sekitarnya.

"Sebelumnya warga ga tahu kalau ada benda ini. Lalu saya melapor ke pihak desa, tapi ke BPCB belum. Tindak lanjut nanti bersama teman-teman gotong royong mau dicangkul ulang," tandasnya.

Ia menambahkan, sebelumnya di desanya juga pernah ditemukan benda-benda cagar budaya, seperti batu bata kuno, situs, sumur kuno dan lainnya. Lokasi penemuannya di belakang balai desa setempat yang jaraknya sekitar dua kilo meter dari temuan tersebut.

3. Penggalian di lokasi dihentikan sementara

Warga Jombang Temukan Benda Kuno Mirip Sumur di Area PersawahanPecahan benda di sekitar temuan sumur kuno. IDN Times/Zainul Arifin

Juru pelihara (Jupel) dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang, Jayadi mengatakan temuan benda mirip sumur kuno sudah dikoordinasikan bersama Kepala Desa dan Perangkat Desa setempat serta dilaporkan ke kepala Disdikbud Kabupaten setempat.

"Belum bisa menyimpulkan ini dari peninggalan apa, komponen apa. Yang saya tahu ini bahannya tanah liat, dan kuno," ujarnya.

Kabid Kebudayaan, Disdikbud Jombang, Didik Pambudi Utomo mengatakan bahwa dirinya telah mendatangi lokasi temuan itu. Pihaknya saat ini menunggu hasil koordinasi dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur untuk tindak lanjut temuan itu.

”Penggalian dihentikan sementara. Kita berpesan sama Jupelnya, untuk mengamankan lokasi situs ini agar tidak terjadi kerusakan,” ujarnya.

Baca Juga: Belum Dapat Bantuan, Korban Banjir Jombang Terima Sumbangan Tetangga

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya