Comscore Tracker

Suhu Badan Tinggi, Satu Penumpang KA di Nganjuk Dilarang Berangkat

Suhu badan 38,2 derajat celcius

Nganjuk, IDN Times - Seorang calon penumpang Kereta Api (KA) di stasiun Nganjuk mendadak dilarang berangkat oleh petugas. Pasalnya, suhu badannya melebihi 38 derajat celcius. Larangan itu dilakukan sebagai upaya mengantisipasi penyebaran virus corona atau covid-19 yang kini telah menyebar ke seluruh penjuru dunia.

"Iya, ada satu calon penumpang yang dilarang berangkat karena suhu badannya di atas 38 derajat celcius," kata Manager Humas PT KAI Daop 7 Madiun, Ixfan Hendriwintoko di Nganjuk, Rabu (18/3).

1. Calon penumpang KA Matarmaja terindikasi suhu badan 38,2 derajat celcius

Suhu Badan Tinggi, Satu Penumpang KA di Nganjuk Dilarang BerangkatPemeriksaan suhu badan calon penumpang KA. IDN Times/Zainul Arifin

Ixfan, menuturkan, penumpang itu diketahui akan berangkat menuju ke Jakarta. Sesuai dengan tiket yang di belinya, calon penumpang berjenis kelamin laki-laki itu akan naik KA Matarmaja dengan relasi Surabaya - Jakarta.

Namun, saat dilakukan pemeriksaan dan pengecekan suhu badan, suhu badannya mencapai 38,2 derajat celcius. Petugas lalu melarang calon penumpang tersebut untuk berangkat menuju ketempat tujuannya dengan menggunakan KA.

"Penumpang naik di Stasiun Nganjuk hendak ke Jakarta. Pas diperiksa dengan alat Thermo, suhu badan ternyata 38,2 derajat celcius. Sesuai SOP, dilarang berangkat," kata Ixfan.

2. Uang pembelian tiket calon penumpang dikembalikan 100 persen

Suhu Badan Tinggi, Satu Penumpang KA di Nganjuk Dilarang BerangkatPetugas dan tim medis di stasiun. IDN Times/Zainul Arifin

Ixfan menjelaskan, sesuai dengan Standard Operation Peocedure atau SOP, tiket dikembalikan penuh atau kembali 100 persen di luar bea pesan. Pengembalian dilakukan langsung dengan bentuk 239 atau manual, selanjutnya kode booking tiket dibekukan dan input ke dalam Rail Ticket System (RTS).

"Langsung, saat itu juga uang dikembalikan 100 persen," ujarnya.

3. Lakukan penyemprotan disinfektan di stasiun wilayah Daop 7

Suhu Badan Tinggi, Satu Penumpang KA di Nganjuk Dilarang BerangkatMelakukan penyemprotan disinfectan di ruang tunggu stasiun. IDN Times/dok. Istimewa

Selain melarang penumpang yang mempunyai suhu di atas 38 celcius, pihaknya telah melakukan berbagai upaya mengantisipasi penyebaran virus Covid-19. Di antaranya bekerjasama dengan tim medis untuk melakukan sosialisasi pengenalan, dan pencegahan virus corona.

Selain itu, mereka juga membagikan masker kepada sejumlah penumpang kereta di wilayah Daop 7 Madiun ,serta memasang hand sanitizer di stasiun-stasiun.

"Kalau kami di Daop 7, juga melakukan penyemprotan Disinfectan di setiap stasiun. Kami lakukan secara bergiliran. Ini bagian dari upaya kami mengantisipasi penyebaran Covid-19," tutupnya.

Baca Juga: Ibu dan Anak Tewas Tertabrak Kereta Ranggajati di Nganjuk

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya