Comscore Tracker

Jokowi Akan Lantik Khofifah-Emil Pukul 15.30 WIB

Mereka akan diarak di Surabaya keesokan harinya

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo akan melantik Khofifah Indar Prawansa dan Emil Dardak sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, Rabu (14/2) sore ini. Sesuai jadwal Biro Pers Istana Negara, pelantikan akan dilangsungkan di Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

1. Pelantikan akan dimulai pukul 15.30 WIB

Jokowi Akan Lantik Khofifah-Emil Pukul 15.30 WIBMatamatapolitik

Menurut agenda resmi presiden, pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur akan dimulai pada pukul 15.30 WIB.

Sebelumnya, Khofifah-Emil sendiri berhasil memenangkan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2018. Keduanya unggul dengan presentase sebesar 7,11 persen atau 1.389.204 suara dari pasangan Gus Ipul dan Puti Guntur.

Baca Juga: Khofifah Serukan Ulama dan Santri NTB Menangkan Jokowi-Ma'ruf

2. Usai dilantik, Khofifah-Emil akan diarak keliling Surabaya

Jokowi Akan Lantik Khofifah-Emil Pukul 15.30 WIBANTARA FOTO/Moch Asim

Usai dilantik, Khofifah dan Emil akan bertolak ke Surabaya pada Kamis (14/2). Sekitar 20 ribu simpatisan akan menyambut Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim baru itu dan melakukan konvoi. Konvoi bakal dibagi di tiga titik, yakni di Masjid Agung Surabaya, Tugu Pahlawan dan Gedung Negara Grahadi, Surabaya.

Ketua Tim Kreatif Khofifah-Emil, Helmy M. Noor mengatakan, Khofifah dan Emil akan tiba di Bandara Juanda pada Kamis (14/2) pukul 12.00 WIB. Selanjutnya mereka diarak ke Masjid Al Akbar Surabaya (MAS).

Sebanyak 3 ribu santri akan sholat sunnah tahiyatul masjid berjamaah. "Kemudian dilanjutkan jamaah salat dzuhur, doa bersama, dan diakhiri dengan sujud syukur," ujar Helmy saat dikonfirmasi, Senin (11/2).

3. Khofifah-Emil akan diantar 30 Jeep ke Tugu Pahlawan

Jokowi Akan Lantik Khofifah-Emil Pukul 15.30 WIBDok. IDN Times/Istimewa

Lebih lanjut, Khofifah dan Emil akan keluar melalui pintu Timur MAS. Mereka akan disambut salawat Nabi diiringi 1.000 rebana. Keduanya menaiki mobil jeep terbuka dengan diikuti 30 unit mobil jeep lainnya menuju Monumen Tugu Pahlawan.

Sesampainya di Tugu Pahlawan, Khofifah-Emil akan disambut 199 penari Remo dan 5 ribu relawan. Khofifah akan dipersilakan memberikan pidato pertamanya setelah dilantik.

Selesai di Tugu Pahlawan, rombongan bergeser ke depan Hotel Mojopahit. Dari sana, berjalan kaki bersama relawan menuju Gedung Negara Grahadi Jalan Gubernur Suryo, Surabaya. 

"Bu Khofifah dan Pak Emil akan naik kereta khas Madura musik Ul-Daul, kesenian khas Pamekasan. Diiringi juga dengan barisan marching band, barongsai dan kesenian lainnya," kata Helmy.

Baca Juga: Pesan Soekarwo kepada Khofifah dan Emil: Lanjutkan 'Kapal' Jatim

Topic:

  • Faiz Nashrillah
  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya