8 Wisata Bukit di Jawa Timur Ini Punya Pemandangan Super Keren

Ada yang menghadap laut, sampai bersentuhan dengan kabut

Liburan ke tempat wisata alam tentu memiliki kesan tersendiri bagi penikmatnya. Selain lebih ekonomis, pemandangan alami yang disuguhkan juga tak kalah menarik.  Salah satu destinasi wisata yang alami tersebut adalah daerah perbukitan.

Ketika kamu memutuskan untuk pergi ke daerah perbukitan, sudah pasti akan terlintas di pandanganmu soal lautan, air terjun, hutan, tebing-tebing bebatuan, hingga puncak pegunungan. Selain untuk berwisata, bukit terkadang digunakan sebagai ajang bagi anak-anak senja untuk mengabadikan sunrise atau sunset yang indah.

Berikut adalah 8 wisata bukit di Jawa Timur dengan pemandangan super keren yang bisa kamu nikmati bareng tongkrongan senjamu.

1. Bukit Kura-Kura

8 Wisata Bukit di Jawa Timur Ini Punya Pemandangan Super KerenBukit Kura-kura. instagram.com/@explorekediriraya

Jika kamu dan tongkronganmu punya hobi mendaki, Bukit Kura-kura jadi tempat yang cocok buat kalian camping di sana. Alamnya yang masih asri dengan gugusan pohon pinus yang rindang berjejer sepanjang jalan menuju bukit, membuat perjalanan kalian tidak akan melelahkan.

Nuansa sejuk bakal kalian dapatkan ketika berada di puncaknya, selain itu kamu juga dapat mengabadikan foto Gunung Kelud dari sisi timur laut bukit ini. Tersedia pula warung-warung yang dapat kamu jumpai di pinggiran jalan, sehingga kamu tidak perlu khawatir kelaparan atau kehausan. Gardu-gardu kecil juga disediakan sebagai spot foto yang dapat memenuhi feed sosial media kamu. 

Lokasi Bukit Kura-kura ada di Desa Munjung, Besowo, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri dengan jam operasional setiap hari selama 24 jam.

Baca Juga: 5 Wisata Bukit di Nganjuk, Rekomendasi Liburan Menarik

2. Bukit Waung

8 Wisata Bukit di Jawa Timur Ini Punya Pemandangan Super KerenBukit Waung. facebook.com/BukitWaung

Buat kamu yang hobi camping, kayaknya bukit Waung jadi pilihan yang sangat tepat untuk menemani refreshing-mu di akhir pekan. Salah satu kenikmatan di sini adalah kamu bisa sekaligus menyaksikan keindahan pantai Mondangan dari atas bukit yang hijau. Tempatnya ada di Desa Sumberejo, Sumberoto, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang. 

Perpaduan dari indahnya bukit yang bertemu dengan pemandangan pantai menciptakan hembusan angin yang sejuk, dan membuatmu anti gerah saat berada di sini. Menyaksikan matahari terbit dan tenggelam dari ketinggian bukit ini juga bukan hal yang buruk. Terlebih kamu bisa kemari berkali-kali setiap hari karena jam bukanya 24 jam non-stop

3. Bukit Geger

8 Wisata Bukit di Jawa Timur Ini Punya Pemandangan Super KerenBukit Geger. Google Maps/ M. BAHRI

Lokasinya ada di Desa Laok Kunong, Kecamatan Geger, Kabupaten Bangkalan. Dari ketinggian bukit ini kamu dapat menikmati keindahan alam Madura dengan nuansa yang masih alami. Sepanjang perjalanan, kamu akan melewati pohon-pohon yang tumbuh menjulang tinggi yang jadi tempat bersarangnya monyet-monyet liar. Jadi saat kemari kamu harus berhati-hati karena kebanyakan dari monyet tersebut sangat nakal.

Kamu ga perlu khawatir kepanasan, karena di sini ada beberapa spot yang teduh, gazebo, dan musholla yang dapat digunakan untuk merebahkan tubuh ketika sudah lelah menelusuri bukit ini. Kamu bisa kemari setiap hari dan di jam berapapun, sebab bukit ini buka 24 jam nonstop.

4. Bukit Watu Songgong

8 Wisata Bukit di Jawa Timur Ini Punya Pemandangan Super KerenBukit Watu Songgong. Google Maps/ Didit prasetyo

Terletak di Desa Margopatut, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, kamu bisa kemari setiap hari mulai dari pukul 08.00 sampai jam 18.00 WIB. Sesuai namanya, bukit ini memiliki banyak bebatuan dengan bentuk yang bermacam-macam. Bahkan jalan menuju bukit ini juga terbuat dari batu yang disusun rapih. Selain menikmati sunset dan sunrise dari ketinggian, kamu juga dapat merasakan sejuknya udara yang berhembus ke segala arah.

5. Bukit Pinus Wonosalam

8 Wisata Bukit di Jawa Timur Ini Punya Pemandangan Super KerenBukit Pinus Wonosalam. instagram.com/@eventjombang_

Wisata satu ini jadi rekomendasi paling utama ketika kamu berkunjung ke Desa Carangwulung, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang. Hawa sejuk khas pegunungan yang dimiliki bukit ini akan semakin komplit kamu rasakan, sembari menikmati lezatnya buah durian yang menjadi buah endemik di desa ini.

Tak perlu khawatir kehujanan ataupun kepanasan, banyak spot gazebo dan tempat peristirahatan sementara di bukit Pinus Wonosalam. Kamu bisa kemari setiap hari mulai dari jam 08.00 pagi sampai pukul 16.00 WIB.

6. Bukit Pertapaan

8 Wisata Bukit di Jawa Timur Ini Punya Pemandangan Super KerenBukit Pertapaan. instagram.com/@info_seputaran_blitar

Bukit ini jadi salah satu destinasi wisata yang ramah anak kecil dengan banyak terdapat wahana permainan di dalamnya. Selain itu di sepanjang jalan menuju komplek perbukitan akan ada banyak PKL atau UMKM yang siap menjadi pelipur lapar dan dahagamu.

Kamu juga bisa kemari membawa saudara atau keponakanmu untuk bersama-sama menikmati indahnya Kota Blitar dari ketinggian. Lokasi bukit ini terletak di Desa Nagelenan, Kecamatan Srengat, Kabupaten Blitar dan buka setiap hari mulai dari pukul 06.00 sampai dengan 17.00 WIB.  

7. Bukit Kembang Puncaksari

8 Wisata Bukit di Jawa Timur Ini Punya Pemandangan Super KerenBukit Kembang Puncaksari. disporaparbud.probolinggokab.go.id

Kamu ga akan kecewa ketika berkunjung ke bukit satu ini. Selain tempatnya yang indah, kamu juga akan dapat menikmati keindahan Gunung Bromo, Gunung Batok, dan Gunung Semeru dari ketinggian bukit Kembang Puncaksari. Selain itu Desa Ngadisari dan Desa Cemoro Lawang tampak begitu menawan jika dilihat dari bukit ini.

Bunga-bunga yang mejadi ciri khas dari bukit ini sangat instagramable untuk diposting. Kabut yang datang setiap saat juga akan menghadirkan sensasi sejuk saat kamu berada di sini. Bahkan, jika kamu beruntung, ketika kemari kamu akan dapat melihat pulau Madura dan Jembatan Suramadu yang aestethic untuk dipotret. 

Lokasi dari bukit ini ada di Desa Jetak, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo. Jam operasionalnya buka setiap hari selama 24 jam.

8. Bukit Asmara Puyangan

8 Wisata Bukit di Jawa Timur Ini Punya Pemandangan Super KerenBukit Asmara Puyangan. facebook.com/Informasi Madiun Raya

Buat kamu yang hobi touring menggunakan motor trail, wajib banget buat dateng ke bukit satu ini. Selain jalurnya yang terjal, akses menuju ke puncak bukit ini juga masih agak sulit jika ditempuh dengan motor biasa. Meski begitu, pemandangan alam yang asri akan membayar segala bentuk usahamu ketika mencapai tempat tertinggi dari bukit yang membentang luas pohon jatinya ini.

Tempatnya ada di Desa Durenan, Kecamatan Gemarang, Kabupaten Madiun. Kamu dapat kesini setiap hari pada pukul 07.00 sampai jam 21.00 WIB.

 

Dari 8 rekomendasi bukit di Jawa Timur yang punya pemandangan indah, mana bukit yang belum pernah sama sekali kamu kunjungi?

Baca Juga: 6 Rekomendasi Kolam Renang di Kediri yang Cocok Buat Refreshing

Rachmaddani Rizki Saputra Photo Community Writer Rachmaddani Rizki Saputra

Jurnalis magang katanya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya