Comscore Tracker

Pengasuh Gontor Kiai Syukri Wafat, Dimakamkan Besok Sebelum Zuhur

Almarhum akan dimakamkan di kompleks makam keluarga

Ponorogo, IDN Times - Jenazah pengasuh sekaligus pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) KH Abdullah Syukri Zarkasyi akan dikebumikan di makam keluarga di Desa Gontor, Kecamatan Mlarak, Kabupaten Ponorogo, besok Kamis (22/10/2020).

"Rencananya sebelum Salat Zuhur, besok (Kamis), " kata M. Adib Fuadi Nuriz, menantu almarhum saat dihubungi IDN Times, Rabu (21/10/202) malam.

1. Sebelum wafat, almarhum sempat susah napas

Pengasuh Gontor Kiai Syukri Wafat, Dimakamkan Besok Sebelum ZuhurPonpes Gontor. Instagram.com/pondok.modern.gontor

Saat ini jenazah disemayamkan di rumah duka yang berada di kawasan pondok. Sejumlah keluarga dan santri, menurut Adib, berada di tempat itu untuk mengurus jenazah dan mempersiapkan pemakaman esok hari.

Seperti diketahui, Kiai Syukri mengembuskan nafas terakhir pada Rabu sekitar pukul 15.50 WIB di rumahnya. "Tadi, sebelum Salat Asar sempat (dibantu) mandi. Kemudian napasnya agak susah, hingga mengembuskan napas terakhir," ujar Adib.

2. Delapan tahun bertahan dari serangan strok

Pengasuh Gontor Kiai Syukri Wafat, Dimakamkan Besok Sebelum ZuhurIlustrasi Pesantren Modern Gontor (Instagram.com/pondok.modern.gontor)

Kondisi Kiai Syukri memang menurun sejak dua hari terakhir. Penyebabnya karena faktor usia yang sudah sepuh, 78 tahun. Selain itu, almarhum juga menderita penyakit strok dan aneurisma sejak tahun 2012.

"Menjalani perawatan di rumah, sehingga masih bisa bersama kami selama delapan tahun ini," ucap Adib.

Baca Juga: 86 Santri Gontor dan Ustad yang Terpapar COVID-19 Akhirnya Sembuh

3. Sejumlah karya tulis telah ditorehkan

Pengasuh Gontor Kiai Syukri Wafat, Dimakamkan Besok Sebelum ZuhurIlustrasi trimurti pendiri Pesantren Modern Gontor (Instagram.com/pondok.modern.gontor)

Kiai Syukri lahir pada tanggal 19 September 1942. Beliau merupakan putra pertama dari KH Imam Zarkasyi, salah seorang Trimurti pendiri PMDG. Selama hidup didedikasikannya untuk menimba ilmu Islam.

Pria yang memperoleh gelar Lc dari Al Azhar University Karo, Mesir pada tahun 1976 ini telah menorehkan sejumlah karya tulis. Adapun karyanya seperti Pokok-Pokok Pikiran untuk Perubahan Pendidikan Nasional, Refleksi dan Rekonstruksi Pendidikan Islam: Model Pendidikan Pesantren Ala Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo, dan Menggali Sumber Keuangan Madrasah : Strategi dan Teknik.

Baca Juga: Ponpes Gontor Berduka, K.H Abdullah Syukri Zarkasyi Wafat 

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya