Lapas Kelas I Madiun Perbarui APAR dan Jaringan Listrik 

Antisipasi kebakaran di dalam penjara

Madiun, IDN Times - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Madiun memperbarui sejumlah Alat Pemadam Api Ringan (APAR) di blok hunian warga binaan. Upaya ini untuk mengantisipasi kebakaran yang berpotensi terjadi setiap saat.

"Kami telah mempersiapkan diri sebelum kebakaran terjadi di Lapas Kelas I Tangerang yang menewaskan puluhan orang," kata Kepala Seksi Registrasi Lapas Kelas I Madiun, Widha Indra Kusuma Wijaya, Kamis (9/9/2021).

1. Setiap blok dan rumah sakit dipasangi satu APAR

Lapas Kelas I Madiun Perbarui APAR dan Jaringan Listrik Ilustrasi Alat Pemadam Api Ringan (Apar). (dok. ANTARA News)

Menurut dia, pembaruan APAR di penjara setempat dilakukan Senin (6/9/2021). Sedangkan kebakaran di Lapas Kelas I Tangerang berlangsung Rabu (8/9/2021) dini hari. Adapun alat pemadam api yang diperbarui untuk sembilan blok hunian warga binaan. Selain itu, satu unit untuk rumah sakit.

"Total yang diperbarui ada 15. Sisanya buat cadangan," ujar Widha saat dihubungi IDN Times melalui sambungan telefon seluler.

2. Warga binaan diharapkan peduli dengan kondisi Lapas

Lapas Kelas I Madiun Perbarui APAR dan Jaringan Listrik Lapas Kelas I Madiun. IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Upaya lain yang dilakukan untuk mengantisipasi kebakaran, ia melanjutkan dengan memperbarui instalasi listrik sejak sebulan lalu. Namun demikian, kewaspadaan terhadap potensi kebakaran tetap ditingkatkan.

Petugas Lapas secara rutin melakukan pendekatan secara personal kepada para warga binaan. Mereka diharapkan memiliki kepedulian menjaga penjara yang dibangun pada era penjajahan Belanda tersebut.

Baca Juga: [BREAKING] Polisi Selidiki Dugaan Kelalaian di Insiden Kebakaran Lapas Tangerang

3. Lapas merupakan peninggalan zaman pemerintahan Belanda

Lapas Kelas I Madiun Perbarui APAR dan Jaringan Listrik Kepala Kanwil Kemenkum HAM Jawa Timur Krismono saat melakukan inspeksi di Lapas Kelas I Madiun, Rabu (8/9/2021). Dok. Kanwil Kemenkum HAM Jatim.

Sebelumnya, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur, Krismono menyatakan kondisi bangunan Lapas Kelas I Madiun perlu lebih diperhatikan. "Kondisinya harus lebih dipastikan, karena secara umur sudah tua," kata dia saat melakukan inspeksi di Lapas Kelas I Madiun dan Lapas Pemuda II-A Madiun melalui keterangan tertulis, Rabu (89/2021).

Kedatangan Krismono itu untuk mengecek kesiapan Lapas maupun Rutan di wilayah kerjanya dalam mengantisipasi terjadinya kebakaran. Adapun hasil dari kunjungan itu diketahui kesiapsiagaan di Lapas maupun Rutan dinyatakan baik.

Baca Juga: Lapas Tangerang Kebakaran, Penjara di Jatim Ramai-ramai Razia

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya