Comscore Tracker

Diterjang Puting Beliung, SD di Madiun ini Tunda Ujian

Penundaan untuk tiga hari

Madiun, IDN Times – Sebagian jadwal penilaian akhir semester ganjil bagi siswa di SDN 1 Sidomulyo, Kecamatan Wonoasri, Kabupaten Madiun terpaksa ditunda pekan depan. Sebab, bagian atap dari bangunan sekolah rusak setelah diterjang angin puting beliung pada Rabu (15/12/2021) lalu.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Madiun Siti Zubaidah mengatakan bahwa penilaian akhir semeseter di sekolah itu semestinya rampung pada pekan ini. Namun karena angin ribut, maka pelaksanaan yang dijadwalkan pada Kamis, Jumat, dan Sabtu dialihkan pada pekan depan.

“Seharusnya Senin sampai Sabtu (pekan ini) sudah selesai, tapi ditunda,” ujar dia ditemui saat kunjungan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Desa Sidomulyo, Jumat (17/12/2021).

1. Perbaikan genteng sekolah sudah dilakukan

Diterjang Puting Beliung, SD di Madiun ini Tunda UjianAtap rumah warga Desa Sidomulyo, Kecamatan Wonoasri, Kabupaten Madiun tersingkap setelah diterjang angin puting beliung, Rabu (15/12/2021). Dok.IDN Times/Istimewa

Untuk kembali melangsungkan penilaian akhir semester, upaya perbaikan genteng dan pembersihan sekolah telah dilakukan. Siti optimistis kegiatan yang tertunda gegara angin puting beliung bisa segera dijalankan lagi. Sebanyak 142 siswa kelas I hingga kelas VI dapat kembali mengikuti ujian.

“Karena kerusakannya hanya pada genteng yang terbawa angin. Kalau untuk reng dan usuk-nya masih,” ujar mantan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Perlindungan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKBPP dan PA) Kabupaten Madiun itu.

Baca Juga: Puting Beliung Menerjang Madiun, 296 Rumah dan Mapolsek Rusak

2. Ruang gudang sempat tertimpa pohon

Diterjang Puting Beliung, SD di Madiun ini Tunda UjianPetugas BPBD memotong pohon yang berpotensi roboh saat angin kencang. IDN Times/Nofika D. Nugroho

Siti menyatakan kerusakan dengan kategori ringan itu untuk sejumlah ruang kelas. Namun demikian, satu ruang gudang sekolah mengalami kerusakan berat karena tertimpa pohon saat angin ribut menerjang Rabu lalu.  

“Untuk perbaikannya, Insya Allah sudah kami masukkan dalam APBD tahun 2022,” ujar perempuan yang pernah menjabat sebagai Camat Geger ini.

3. Kerugian hampir mencapai Rp 1 miliar

Diterjang Puting Beliung, SD di Madiun ini Tunda UjianWarga Desa Sidomulyo, Kecamatan Wonoasri, Kabupaten Madiun sedang mengevakuasi warung yang roboh diterjang angin puting beliung. IDN Times/Nofika D. Nugroho

Sementara itu, angin puting beliung yang melanda Kabupaten Madiun mengakibatkan lebih dari 500 rumah, musala, mapolsek, dan fasilitas lain rusak. Ratusan bangunan itu mayoritas berada di wilayah Kecamatan Wonoasri. Selain itu, di Kecamatan Jiwan, Madiun, dan Sawahan.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat Mohammad Syahrowi mengatakan bahwa nilai kerugian akibat bencana itu ditaksir hampir mencapai Rp 1 miliar. Selain itu, empat warga mengalami luka. Satu di antaranya masih dirawat di RSUD Caruban.

Baca Juga: Tangani Dampak Puting Beliung, Pemprov Jatim Bantu Rp1 Miliar

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya