Comscore Tracker

Ratusan Mahasiswa Ancam Ruqyah Kantor DPRD Sumenep

Demo di Sumenep berlangsung damai

Sumenep, IDN Times - Aksi unjuk rasa di depan gedung DPRD Sumenep oleh ratusan mahasiswa berlangsung damai, Kamis (26/9). Unjuk rasa yang diikuti tiga kelompok massa, menyuarakan satu tuntutan yang sama yaitu menolak Undang-undang KPK yang dirasa melemahkan lembaga anti rasuah. Mereka juga mendesak pembatalan pengesahan RUU KUHP karena merugikan masyarakat sipil karena ada sejumlah pasal selundupan.

1. Titip Aspirasi ke wakil rakyat

Ratusan Mahasiswa Ancam Ruqyah Kantor DPRD SumenepIDN Times/Musthofa Aldo

Selain menyampaikan tuntutan, masa dari Aliansi Mahasiswa Sumenep menuntut DPRD Sumenep menyampaikan aspirasi mahasiswa kepada DPR RI dan Presiden. "Sampaikan tuntutan kami ke DPR dan Presiden untuk membatalkan, bukan menundanya," kata Mahmud, salah seorang orator.

Ratusan Mahasiswa Ancam Ruqyah Kantor DPRD SumenepIDN Times/Musthofa Aldo

Setelah menyampaikan tuntutan, para mahasiswa ini meminta seluruh anggota DPRD Sumenep keluar dan membubuhkan tanda tangan sebagai bentuk persetujuan terhadap seluruh tuntutan mahasiswa.

"Sebagai bentuk kesepakatan dan dukungan kami ingin semua anggota dewan menandatangani," teriak massa.

2. Anggota DPRD Sumenep ke Jakarta

Ratusan Mahasiswa Ancam Ruqyah Kantor DPRD SumenepIDN Times/Musthofa Aldo

Ketua DPRD Sumenep yang menemui massa menyampaikan bahwa sebagian anggota dewan ada yang sedang menjalankan tugas di Jakarta. Sementara beberapa anggota lainnya sedang tidak di kantor.

"Kita yang mewakili. Kalau semuanya tidak bisa karena sebagian ada yang tugas ke Jakarta," ucap Hamid Ali Munir kepada massa.

Baca Juga: Diduga Selingkuh, Dua ASN Sumenep Digerebek Polisi di Surabaya

3. Mahasiswa Ruqyah kantor DPRD Sumenep

Ratusan Mahasiswa Ancam Ruqyah Kantor DPRD SumenepIDN Times/Musthofa Aldo

Mendengar pernyataan itu massa langsung meneriakkan untuk melihat langsung ke dalam gedung DPRD dan ingin mengetahui surat tugas dari anggota dewan yang tidak berdinas.

"Izinkan kami masuk ke dalam. Bukan perwakilan tapi semua mahasiswa yang berdemo sekarang. Kami ingin tau wakil rakyat kami," tegas Mahmud.

"Kami sampaikan mosi tidak percaya dan ruqyah DPRD, ruqyah DPRD," timpal massa.

Setelah melalui proses negosiasi alot dengan pihak keamanan, akhirnya mereka diperbolehkan masuk ke halaman gedung wakil rakyat, dan beberapa perwakilan dipersilakan masuk ke dalam gedung.

Baca Juga: Terciduk Selingkuh di Home Stay, Dua ASN Sumenep Terancam Dipecat

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Just For You