Subandi, Mantan Kades yang Jadi Orang Nomor Satu di Sidoarjo

Subandi jadi Pj, gantikan Gus Muhdlor

Sidoarjo, IDN Times - Wakil Bupati Sidoarjo, Subandi akhirnya menjadi Pelaksana Tugas  (Plt) Bupati menggantikan Ahmad Muhdlor Ali yang terjerat kasus korupsi. Subandi merupakan sosok yang lama berkecimpung di dunia birokrasi. Ia adalah mantan kepala desa di Sidoarjo. Berikut adalah profil singkat Subandi.

1. Jadi Kades dua periode

Subandi, Mantan Kades yang Jadi Orang Nomor Satu di SidoarjoWakil Bupati Sidoarjo, Subandi. Dok. Instagram/@h_subandi_sh

Data riwayat hidup Subandi yang diunggah di situs KPU mencatat bahwa ia maju sebagai bakal calon Bupati Sidoarjo diusung partainya PKB pada tahun 2020. Pria kelahiran 23 Oktober 1972 ini memiliki pengalaman birokrasi sebagai Kepala Desa Pabean, Sidoarjo selama dua periode tahun 2008-2018.

Karir birokrasinya disambung dengan pengalaman politik menjadi anggota DPRD Sidoarjo fraksi PKB di tahun 2019. Pengalaman politik tersebut juga dilengkapi Subandi saat terpilih sebagai Ketua DPC PKB tahun periode 2021-2026, pada Maret lalu.

"Yang terpenting saat ini adalah mejaga keharmonisan internal PKB Sidoarjo. Sebab, keutuhan partai merupakan hal terpenting yang harus selalu dijaga," kata Subandi, dikutip dalam situs resmi PKB.

Langkah politik Subandi pun diikuti oleh keluarganya. Sang istri, Sriatun melanjutkan estafet karirnya sebagai Kepala Desa Pabean. Pada Pileg 2024, Sriatun bahkan terpilih sebagai anggota DPRD Jatim. Langkah serupa juga diikuti oleh sang putra, Rafie Wibisono yang saat ini terpilih menjadi anggota DPRD Kabupaten Sidoarjo.

Baca Juga: Gus Muhdlor, Tokoh Muda NU yang Kini Menjabat Bupati Sidoarjo

2. Baru kuliah di usia 36 tahun

Subandi, Mantan Kades yang Jadi Orang Nomor Satu di SidoarjoWakil Bupati Sidoarjo, Subandi. Dok. Instagram/@h_subandi_sh

Saat kecil, Subandi menempuh pendidikan SD di SDN Jati 1, Tarokan, Kediri pada tahun 1983. Ia kemudian melanjutkan pendidikan di SMP Wachid Hasyim 9, Kecamatan Sedati, Sidoarjo pada 1989. Beranjak SMA, ia sekolah di SLTA Widya Dharma pada tahun 1991.

Tidak ada catatan ia aktif di organisasi selama menjadi siswa. Bahkan, Subandi baru menempuh kuliah di tahun 2008, saat usianya sudah 36 tahun. Ia menempuh pendidikan S1 di kampus Universitas Kartini Surabaya tahun 2008.

Baru di tahun 2007, ia tercatat aktif di organisasi sebagai Ketua Koperasi SBB NU MWC, Sedati. Dan di tahun 2010 tercatat aktif di organisasi NU, Ranting Pabean sebagai wakil ketua.

3. Miliarder asal Sidoarjo

Subandi, Mantan Kades yang Jadi Orang Nomor Satu di SidoarjoWakil Bupati Sidoarjo, Subandi (kiri) bersama Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali saat menyalurkan bantuan COVID-19 kepada masyarakat terdampak. Dok. Instagram/@h_subandi_sh

Dari segi finansial, Subandi juga tercatat melaporkan harta kekayaannya ke KPK pada 2019, untuk diumumkan KPU Sidoarjo pada Agustus 2020. Kondisi tersebut, tentu membuat ia siap secara finansial untuk maju sebagai calon bupati saat itu.

Subandi, tercacat memiliki aset tanah dan bangunan di 16 lokasi di Sidoarjo. Kemudian 12 mobil dan 2 motor, perhiasan dan surat berharga, dengan total kekayaan Rp65.893.700.000,.

Baca Juga: Aktivis Perempuan, Profil Wakil Bupati Gresik Aminatun Habiba

Topik:

  • Zumrotul Abidin
  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya