Comscore Tracker

Guys! Unej Buka Jalur SBMPTN Sampai 15 April

Silakan cari jurusan yang paling berpeluang masuk

Jember, IDN Times - Universitas Jember telah membuka pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Jalur ini dibuka bagi calon mahasiswa yang tidak mengikuti Seleksi Nasional masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) atau belum lolos.

Pendaftaran jalur SBMPTN
sudah dibuka dan akan berakhir pada tanggal 15 April 2022 nanti. Berbeda dengan jalur Seleksi Nasional masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), peserta SBMPTN dipastikan lebih banyak.

Rektor Universitas Jember, Iwan Taruna mengatakan, sebanyak 50 persen mahasiswa barunya tahun ini masuk dari jalur SBMPTN. Terdapat 61 program studi yang bisa dipilih di SBMPTN 2022.

"Segera laksanakan pendaftaran SBMPTN sebab tanggal 15 April 2022 akan ditutup. Silahkan berkonsultasi dengan orang tua, giat belajar dan jangan lupa berdoa serta selalu menjaga kesehatan," ujar Iwan Taruna, Jumat (8/4/2022).

1. Lihat persaingan program studi

Guys! Unej Buka Jalur SBMPTN Sampai 15 Aprilhttps://kabar24.bisnis.com

Pengumuman tersebut disampaikan Iwan saat sosialisasi pendaftaran SBMPTN 2022 secara daring selama empat hari, tanggal 4 - 8 April 2022. Para peserta merupakan para guru di kawasan kabupaten Tapalkuda.

Lebih lanjut, iwan menyebut, persaingan untuk merebut tempat di PTN makin ketat. Ia berpesan agar peserta SBMPTN cermat memilih program studi agar peluang diterima di PTN terbuka lebar. Salah satunya dengan melihat angka keketatan di tiap program studi.

Data keketatan masing-masing program studi pada periode seleksi sebelumnya, sudah ada di laman resmi LTMPT.

"Perlu kecermatan mengamati berapa jumlah peserta tahun lalu di sebuah program studi. Makin banyak peminat di sebuah program studi, maka tentu saja makin ketat kompetisinya," jelasnya.

Baca Juga: Universitas Brawijaya Buka Pendaftaran SBMPTN dan Mandiri

2. Jangan hanya fokus di program studi favorit

Guys! Unej Buka Jalur SBMPTN Sampai 15 AprilIlustrasi Pendidikan (IDN Times/Arief Rahmat)

Iwan kemudian menganjurkan peserta SBMPTN agar meluaskan horizon pilihan program studi. Jangan terpaku pada program studi tertentu atau program studi favorit seperti yang selama ini berjalan, sebab dipastikan peminatnya selalu banyak.

"Silahkan memilih program studi-program studi lain yang juga tak kalah prospektif," jelasnya.

Apalagi Kemendikbudristek telah menggulirkan program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) yang memberikan kesempatan seluas mungkin bagi mahasiswa belajar berbagai disiplin ilmu di luar keilmuan yang sudah ditekuni.

“Dalam program MBKM mahasiswa dapat magang, melakukan riset, turut dalam proyek kemanusiaan, berwirausaha serta kegiatan lainnya yang tujuannya memperkaya keilmuan dan menambah pengalaman mahasiswa,” kata Iwan.

Baca Juga: Pendaftaran UTBK SBMPTN Tinggal 19 Hari Lagi!

3. Syarat kejar beasiswa KIP-K

Guys! Unej Buka Jalur SBMPTN Sampai 15 April

Sementara itu menurut staf Humas Universitas Jember, Syukron Makmun, salah satu pertanyaan yang paling banyak diajukan selama kegiatan sosialisasi pendaftaran SBMPTN 2022 secara daring adalah seluk beluk mendapatkan beasiswa Kartu Indonesia Pintar-Kuliah (KIP-K).

Pasalnya beasiswa KIP-K memberikan pembiayaan kuliah selama 4 tahun sekaligus biaya hidup selama menjadi mahasiswa.

“Bagi peserta SBMPTN 2022 yang berminat mendapatkan beasiswa KIP-K, mohon menyelesaikan terlebih dulu proses pendaftaran KIP-K baru mendaftarkan diri di SBMPTN melalui laman LTMPT,” katanya.

Pada jalur SNMPTN 2022 saja tercatat ada 4.946 pendaftar di Universitas Jember yang mendaftar dengan fasilitas beasiswa KIP-K, namun hanya 629 yang berhasil lolos diterima sebagai calon mahasiswa baru.

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya