Comscore Tracker

Di Banyuwangi, Pagelaran Seni Budaya Akan Digelar Setiap Hari

Setiap hari ada hiburan mengisi waktu senggang

Banyuwangi, IDN Times - Bagi masyarakat yang ingin menikmati waktu senggang, bisa datang ke pagelaran seni budaya yang berlangsung setiap hari selama setahun ke depan.

Panggung acara yang dikemas dalam Culture Everyday tersebut, menyajikan beragam atraksi seni dan tradisi lokal masyarakat, tepatnya di Alun-alun kota, Taman Blambangan, Kabupaten Banyuwangi. Pusat kegiatan seni di Alun-alun, berada di terowongan yang terbuat dari ornamen bambu yang dilengkapi membran yang menutupi atapnya.

1. Berlangsung setiap hari

Di Banyuwangi, Pagelaran Seni Budaya Akan Digelar Setiap HariPanggung lorong bambu yang digunakan untuk pagelaran Banyuwangi Culture Every Day. IDN Times/Istimewa

Pertunjukkan perdana Banyuwangi Culture Everyday berlangsung Jumat malam, (17/1), menampilkan beragam talenta para pelajar seperti Tari Kreasi Nggayuh Swargane Urip dari pelajar SMKN 1 Banyuwangi, Fashion Show Batik karya Pelajar, Paduan Suara, Tari Rampak Kuntul dan Tari Barong Oleh para pelajar dari SMAN 1 Banyuwangi.

Banyuwangi Culture Every Day menjadi ruang berekspresi generasi muda, khususnya pelajar yang memiliki minat di bidang seni pertunjukan mulai tingkat SD hingga SMA, baik dari sekolah negeri, swasta hingga sekolah berbasis komunitas agama.

"Setiap malam akan hadir beragam seni budaya lokal yang ditampilkan dengan menarik. Banyuwangi Culture Everyday merupakan sarana edukasi sekaligus panggung bagi pelajar daerah untuk menampilkan minat dan bakatnya," kata Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.
 

2. Pelajar yang tampil dipastikan tidak ganggu waktu ujian

Di Banyuwangi, Pagelaran Seni Budaya Akan Digelar Setiap HariPenampilan pelajar dalam Banyuwangi Culture Every Day. IDN Times/Istimewa

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Suratno mengatakan, pertunjukkan Banyuwangi Culture Everyday  akan berlangsung selama satu tahun, tiap senin –Jumat. Pelajar yang terlibat mulai SD, SMP, SMA/K baik negeri maupun swasta.

Agar tidak menggangu aktivitas belajar, pihaknya telah mengatur jadwal yang tidak menggangu waktu ujian.

“Jadwal pertunjukkan itu kami buat diluar jadwal ujian dan libur siswa. Jadi kegiatan di sekolah mereka tidak akan terganggu,” kata Suratno.

Baca Juga: Pembangunan Jalan Tol di Banyuwangi Masuki Tahap Pembebasan Lahan

3. Ada juga atraksi sanggar seni dan kompetisi olahraga

Di Banyuwangi, Pagelaran Seni Budaya Akan Digelar Setiap HariPertunjukan seni barong pelajar saat tampil di Banyuwangi Culture Every Day. IDN Times/Istimewa

Kemudian khusus setiap akhir pekan, Sabtu dan Minggu, pengisi acara Banyuwangi Culture Every Day diberikan kepada sanggar sanggar seni maupun komunitas di Banyuwangi.

"Sabtu dan Minggu akan diisi oleh sanggar seni dan penampilan komunitas. Kami memberi panggung lebih bagi warga untuk menampilkan kreativitasnya," katanya.

Selain panggung seni, setiap hari di area Taman Blambangan juga digelar sport everyday tiap sore hingga malam hari. Event ini menjadi ajang kompetisi olahraga para pelajar se-Banyuwangi seperti basket dan voli.

Baca Juga: BPBD Banyuwangi Sebut 9 Kecamatan di Banyuwangi Rawan Banjir

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya