Comscore Tracker

Banyuwangi Siapkan New Normal Pelayanan Publik di Tengah Pandemik

Konsep kantornya dibuat senyaman mungkin

Banyuwangi, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Banyuwangi menyiapkan skenario new normal di bidang pelayanan publik. Konsep new normal tersebut berupaya menyiasati agar pelayanan administrasi publik bisa berjalan, namun mengutamakan protokol kesehatan untuk mencegah sebaran virus Corona (COVID-19)

”New normal bukan pelonggaran. Keseharian kita jelas tidak bisa kembali ke era sebelum pandemik COVID-19. New normal artinya kesehatan dan kebersihan menjadi pilar utama keseharian. Kami berupaya mencegah penyakit, sekaligus tetap produktif,” ujar Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, dalam sebuah video yang diterima IDN Times, Jumat (22/5).

1. Desa Genteng sudah mulai terapkan New Normal untuk pelayanan publik

Banyuwangi Siapkan New Normal Pelayanan Publik di Tengah PandemikKonsep pelayanan publik new normal di Banyuwangi. IDN Times/Istimewa

Salah satu wujud dari konsep new normal pelayanan publik berada di Desa Genteng Wetan, Kecamatan Genteng. Di desa tersebut, petugas menggunakan APD, seperti masker dan pelindung wajah. Kemudian menjalankan protokol bagi warga yang datang, seperti wajib bermasker, cuci tangan sebelum masuk kantor, hingga dipindai suhu tubuhnya.

Menurutnya  Desa Genteng Wetan layak menjadi rujukan bagaimana pelayanan publik di era new normal akan dijalankan. Pengunjung bersuhu lebih dari 37 derajat tak diperkenankan masuk, dan langsung dihubungkan dengan Puskesmas terdekat. Tempat duduk juga dibikin berjarak.

"Warga yang tidak bermasker, tidak boleh masuk, maka dia tidak bisa mengurus dokumen atau perizinan,” jelasnya.

2. Setiap pengunjung diberi asupan jamu

Banyuwangi Siapkan New Normal Pelayanan Publik di Tengah PandemikKonsep pelayanan publik new normal di Banyuwangi. IDN Times/Istimewa

Pihaknya juga sedang mengkaji kemungkinan setiap warga yang datang ke kantor pelayanan publik akan diberi asupan jamu sebagai upaya membentuk gaya hidup sehat. 

”Sebelum pandemik, di Mal Pelayanan Publik setiap beberapa jam, semua pelayanan dihentikan, petugas serta warga senam bersama 5 menit. Yang semacam itu harus menjadi tren di semua tempat pelayanan publik, bahkan harus diikuti BUMN dan swasta di Banyuwangi,” ujarnya.

Untuk menyiapkan New Normal pelayanan publik, sejumlah hal-hal yang biasanya dianggap sepele, wajib diperhatikan, seperti semua pintu harus bisa didorong pakai kaki jika tak ada petugas bagian penerimaan warga.

”Setiap selesai jam kantor, semua ruangan didisinfeksi. Biar hemat, produksi hand sanitizer perlu menggandeng SMK untuk bikin berbahan dasar tanaman yang kualitasnya setara produk pabrikan yang lebih mahal,” ujarnya.

3. Ada sejumlah layanan perlu kehadiran fisik

Banyuwangi Siapkan New Normal Pelayanan Publik di Tengah PandemikKonsep pelayanan publik new normal di Banyuwangi. IDN Times/Istimewa

Meski sebagian pelayanan publik di Banyuwangi berbasis online, tetap ada yang memerlukan kehadiran fisik, sehingga skenario new normal pelayanan publik disiapkan. Meski demikian, untuk menjalankan konsep tersebut pihaknya masih menunggu instruksi pemerintah pusat karena terkait kebijakan work from home ASN, membuka kembali kantor pelayanan publik, dan sebagainya. 

”Semuanya akan dilakukan bertahap oleh pemerintah pusat. Maka kami memulai persiapan, simulasi, sehingga siap jika pemerintah pusat memberi komando,” ujarnya.

Baca Juga: Berbasis Desa, Ratusan Rumah Isolasi di Banyuwangi Layani ODP-ODR

4. Suasana kantor dibuat nyaman

Banyuwangi Siapkan New Normal Pelayanan Publik di Tengah PandemikBupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas saat rapat online bersama para guru di Banyuwangi. IDN Times/Istimewa

Selain mengutamakan protokol pencegahan COVID-19, pemerintah Desa Genteng Wetan menjadikan desain ruang pelayanan publik di kantornya seperti di kafe. Konsep tersebut dihadirkan agar pengunjung merasa nyaman.

"Di meja pelayanan kami juga menyiapkan handsanitizer. Ada meja-meja pelayanan sehingga warga tidak harus bergerombol di meja petugas,” ujarnya.

Baca Juga: Petugas RSUD di Banyuwangi Hibur PDP dengan Karaoke Lagu India

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya