Siswa SMK Prapanca 2 yang Sempat Bersengketa Akhirnya Dibuka

Alhamdulilah rek

Surabaya, IDN Times - Mengharukan, itu yang tergambar di wajah para siswa siswi SMK Prapanca 2 Surabaya. Remaja berseragam putih abu-abu itu sekarang bisa kembali menempati sekolahnya, setelah 7 bulan sempat 'terusir' karena sekolahnya terlibat sengketa. 

Sekolah SMK Prapanca 2 telah dibuka setelah proses mediasi yang dilakukan Polrestabes Surabaya antara Yayasan Pendidikan Jawa Timur (YPJT) dengan Kepala Sekolah yang lama berakhir damai. Kapolrestabes Surabaya pun melakukan pembukaan gerbang secara simbolis, Senin (4/8/2023). 

1. Siswa siswi sujud syukur

Siswa SMK Prapanca 2 yang Sempat Bersengketa Akhirnya DibukaSejumlah siswa SMK Prapanca 2 bahagia sekolahnya kembali dibuka, Senin (4/9/2023). (IDN Times/khusnul Hasana).

Sejumlah siswa pun terlihat sujud di depan gerbang sekolah. Rasa syukur terpancar dari wajah mereka. 

Salah satu siswa yang turut merasa bahagia adalah Shendy Hyuga Darmawan yang merupkan siswa kelas XI Jurusan Broadcasting SMK Prapanca 2. Ia senang karena telah kembali menempati gedung sekolahnya. 

"Perasaannya senang sudah bisa dibuka dan masuk gedung sendiri melakukan pembelajaran dengan baik, menjadi generasi penerus bangsa yang maju ke depannya, merdeka belajar di sekolah sendiri," ujar Shendy. 

Selama proses hukum berjalan, Shendy dan 97 temannya mengungsi belajar di Stikosa AWS Surabaya. Hal tersebut membuatnya sangat tidak nyaman, apalagi fasilitasnya tak sama dengan gedung sekolahnya. 

"Terima kasih Kapolres yang sudah memediasi dan membantu masalah ini sampai dibuka kembali," ungkap Shendy. 

Baca Juga: Sengketa Berakhir Damai, SMK Prapanca Dibuka Besok

2. Kapolres sebut polemik berakhir restorative justice

Siswa SMK Prapanca 2 yang Sempat Bersengketa Akhirnya DibukaSejumlah siswa SMK Prapanca 2 bahagia sekolahnya kembali dibuka, Senin (4/9/2023). (IDN Times/khusnul Hasana).

Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Pasma Royce mengatakan, momen tersebut merupakan akhir dari beberapa polemik yang terjadi. Dengan berakhirnya polemik tersebut, ia berharap siswa-siswi bisa kembali belajar dengan tenang menggunakan fasilitas sekolahnya. 

"Setelah ini para siswa silahkan kembali belajar di alamamaternya, mari menuntut ilmu terus, belajar terus. Mudah-mudahan semua adik-adik merasa aman dan nyaman di sekolah," dalam sambutannya. 

Pasma pun menjamin tidak akan ada polemik kembali di SMK Prapanca 2 Surabaya. Karena, proses hukum telah berakhir dengan restorative justice. 

"Insyaallah ini sudah selesai semuanya, SMK 2 Prapanca anak-anaknya bisa belajar danmemanfaatkan fasilitas sekolah," ungkap dia. 

3. Kegiatan belajar akan kembali dilakukan hari rabu

Siswa SMK Prapanca 2 yang Sempat Bersengketa Akhirnya DibukaSejumlah siswa SMK Prapanca 2 bahagia sekolahnya kembali dibuka, Senin (4/9/2023). (IDN Times/khusnul Hasana).

Sementara itu, Kepala Sekolah SMK 2 Prapanca Surabaya, Gugus Legowo mengatakan, setelah pembukaan sekolah, pembelajaran akan kembali dilakukan pada Rabu (6/9/2023). Sekolah akan dibersihkan terlebih dahulu, mengingat, mereka telah meninggalkan gedung tersebut selama tujuh bulan. 

"Ini perjuangan yang sangat panjang, Kapolrestabes Surabaya saya sangat apresiasi, saya terharu, Kapolres luar biasa sehingga anak-anak bisa kembali menuntut ilmu," pungkas dia. 

Baca Juga: Armuji Kena Marah Pelajar Gegara Janji Bantu Sekolah Sengketa 

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya