Comscore Tracker

Bursa Cagub Jatim 2024 Khofifah Teratas Disusul Emil dan Anwar Sadad

Nama ketua Parpol Jatim mulai muncul

Surabaya, IDN Times - Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) merilis hasil survei nama-nama yang berpotensi maju sebagai Calon Gubernur Jawa Timur 2024 mendatang. Nama Khofifah Indar Parawansa masih tertinggi disusul Emil Dardak Elistianto dan Anwar Sadad. 

Direktur ARCI di Surabaya, Baihaki Siraijt mengatakan, elektabilitas Khofifah menjadi yang teringgi dengan angka 37,5 persen disusul Emil 12,2 persen. Angka tersebut masih tinggi karena publik masih bingung dengan pilihannya. 

"Elektabilitas Khofifah masih tertinggi. Angkanya tidak jauh-jauh juga, karena saat ini publik juga bingung, mau ke mana Khofifah setelah ini ke Pilpres atau Pilgub Jatim?," kata Baihaki Siraijt di Surabaya. 

Baihaki menuturkan, meski Khofifah masih menjadi yang tertinggi dalam survei terbaru itu, sejumlah nama-nama ketua partai politik di Jatim juga mulai masuk bursa Cagub Jatim 2024. Nama-nama itu seperti Ketua DPD Gerindra Jatim Anwar Sadad hingga Ketua DPD Golkar Jatim M Sarmuji. 

"Menarik mulai naik angka-angka elektabilitas ketua parpol di Jatim. Geliatnya mulai terasa, karena tentu para ketua parpol ini punya peluang besar di Pilgub Jatim nanti kalau Khofifah berangkat ke level nasional," jelasnya. 

Dari survei ARCI, elektabilitas Ketua DPD Gerindra Jatim Anwar Sadad berada di posisi ke-3 dengan angka 6,9 persen. Sadad mengungguli sejumlah nama besar seperti Mensos Tri Rismaharini dan Mantan Wagub Jatim dua periode Saifullah Yusuf (Gus Ipul). 

"Progres Anwar Sadad bersama Gerindra Jawa Timur cukup baik. Tinggal bagaimana nanti terus konsisten menuju tahun politik," kata Baihaki. 

Survei ARCI dilakukan pada 10 November-20 November 2022. Survei menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 1.200 responden dengan tingkat kepercayaan 95 peesen dan margin of error sebesar 2,8 persen. 

Berikut hasil survei elektabilitas figur yang masuk bursa Cagub Jatim 2024:

1. Khofifah Indar Parawansa 37,5 persen

2. Emil Elestianto Dardak 12,2 persen

3. Anwar Sadad 6,9 persen

4. Azwar Anas 5,7 persen

5. Heru Tjahjono 5,1 persen

6. Tri Rismaharini 5,1 persen

7. Bambang DH 4,3 persen

8. M Sarmuji 4,1 persen

9. Saifullah Yusuf 3,9 persen

10. Abdul Halim Iskandar 3,2 persen 

11. Ahmad Fauzi 1,9 persen

12. Fadhil Muzaki 1,9 persen

13. Kusnadi 1,8 persen

14. Puti Soekarno 1,2 persen

15. Irwan Setiawan 0,9 persen

16. Thoriqul Haq 0,5 persen

17. Mundjidah Wahab 0,4 persen

Tidak tahu/tidak menjawab 3,4 persen

Baca Juga: Survei ARCI: Prabowo Salip Ganjar

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya