Sidak Pasar Sidoarjo Lamongan, Bupati Dikomplain Pedagang

Ia mengeluhkan stok minyak goreng

Lamongan, IDN Times- Seorang pedagang di pasar tradisional Sidoarjo Kabupaten Lamongan melayangkan protes kepada Bupati Lamongan, M Fadeli, saat ia menggelar Inspeksi Mendadak (Sidak), Rabu (29/5). Protes ini menyusul minimnya pasokan minyak goreng di pasaran. 

Pedagang mengaku kelangkaan minyak goreng kemasan sudah terjadi sejak awal puasa dan hingga kini dinas perdagangan belum juga melakukan upaya menangani kelangkaan tersebut. "Harusnya Dinas Perdagangan mengetahui jika stok barang minyak di pasar sudah berkurang. Kalau harganya tidak mengalami kenaikan," kata salah satu pedagang pasar.

1. Bupati nyatakan stok minyak goreng kemasan aman

Sidak Pasar Sidoarjo Lamongan, Bupati Dikomplain PedagangIDN Times/ Imron

Sebaliknya, Fadeli mengatakan bahkan stok minyak goreng di pasar tersebut masih aman hingga lebaran nanti. "Tadi ada salah satu pedagang yang mengaku jika minyak goreng mengalami kelangkaan, tapi setelah kita cek di toko lain ternyata masih ada stok banyak," katanya, usai mengelar sidak.

Baca Juga: Kesenian Tongklek, Budaya Membangunkan Warga Sahur Asal Lamongan

2. Tidak ada kenaikan harga di pasar tradisional Sidoarjo

Sidak Pasar Sidoarjo Lamongan, Bupati Dikomplain PedagangIDN Times/ Imron

Selain minyak, Fadeli juga mengecek harga kebutuhan pokok, seperti cabe, minyak goreng, bawang dan sejumlah kebutuhan pokok lainnya. Hasilnya, ia menyebut tidak ada yang mengalami kenaikan hingga signifikan. "Alhamdulillah kita pastikan harga kebutuhan pokok di pasar ini tidak ada kenaikan, kalaupun naik hanya Rp1000 itu masih wajar," kata Bupati dua periode ini.

3. Stok bahan kebutuhan pokok aman hingga lebaran

Sidak Pasar Sidoarjo Lamongan, Bupati Dikomplain PedagangIDN Times/ Imron

Untuk bahan kebutuhan pokok, di pasar tradisional Sidoarjo juga dipastikan aman hingga jelang perayaan hari raya idul Fitri nanti. Meski aman, namun pemerintah akan terus melakukan pemantauan terhadap harga di pasar.

"Untuk stok semuanya aman. Dan jumlah pengunjung di pasar yang melakukan aktivitas belanja juga tidak seramai tahu lalu, karena para pembeli tahun ini mereka cukup membelinya di beberapa pasar lainnya di Lamongan, seperti di Paciran, Sekaran, Babat dan lainnya," terangnya.

4. Bupati juga memborong beberapa bahan kebutuhan pokok

Sidak Pasar Sidoarjo Lamongan, Bupati Dikomplain PedagangIDN Times/ Imron

Dalam sidak itu, Fadeli juga membeli beberapa harga kebutuhan pokok, seperti ayam potong, minyak goreng, kerupuk dan daging sapi dan lainnya. Usai memborong bahan kebutuhan pokok, ia kemudian membagikan bahan dasar makanan itu ke sejumlah warga. "Ketersediaan barang cukup harga juga tidak mengalami kenaikan dan kita pastikan masyarakat tidak akan kesulitan mendapatkan barang," pungkasnya.

Baca Juga: Kirap Budaya HUT Lamongan, Bupati Ajak Teladani Sifat Gajah Mada

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya