Hasil Survei PRCI di Lamongan, Ganjar Unggul dari Anies dan Prabowo 

Tingkat elektabilitas Ganjar Pranowo di Lamongan 61,0 persen

Lamongan, IDN Times- Lembaga Survei Political Research Center Indonesia (PRCI) merilis hasil survei terbaru tingkat elektabilitas tiga bakal calon presiden 2024, yaitu Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto. 

Survei yang dilakukan di 27 kecamatan di wilayah Kabupaten Lamongan itu menunjukkan jika, tingkat elektabilitas Ganjar Pranowo mengalahkan Anies Baswedan dan Prabowo Subianto. Ganjar Pranowo memperoleh 45,2 persen disusul Prabowo Subianto 32,8 persen dan Anies Baswedan 7,2 persen.

1. Survei dilakukan oleh pemilih pemula dan warga yang mempunyai hak pilih

Hasil Survei PRCI di Lamongan, Ganjar Unggul dari Anies dan Prabowo Elektabilitas Ganjar Pranowo di Lamongan unggul dari Anies Baswedan dan Prabowo Subianto. IDN Times/Imron

Direktur PRCI Muhammad Firdaus mengatakan, survei ini dilakukan terhadap masyarakat Lamongan yang sudah punya hak pilih dalam Pemilihan Umum (Pemilu), Pilkada 2020 dan Pemilu 14 Februari 2024. 

"Survei ini menggunakan metode multistage random sampling, jumlah sampel survei ini adalah 1.896 responden dengan marqin of error atau pada tingkat kesalahan survei 3,0 persen dan pada tingkat kepercayaan survei 95 persen.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Jogging di GBK, Diiringi 'Glory Glory Ganjar Presiden'

2. Tingkat elektabilitas Ganjar Pranowo di Lamongan 61,0 persen

Hasil Survei PRCI di Lamongan, Ganjar Unggul dari Anies dan Prabowo Elektabilitas Ganjar Pranowo di Lamongan unggul dari Anies Baswedan dan Prabowo Subianto. IDN Times/Imron

Tak hanya itu, jika Pilpres 2024 hanya diikuti oleh dua capres saja, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo, maka hasilnya Ganjar Pranowo masih tetap unggul 61,0 persen, sedangkan Anies Baswedan hanya memperoleh 11,2 persen. Sementara bila Pilpres hanya diikuti oleh Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto maka Ganjar masih tetap unggul 44,6 persen dan Prabowo Subianto 36,9 persen.

"Survei dilakukan secara tatap muka dengan menggunakan kuesioner oleh pewawancara yang sudah dilatih. Setiap pewawancara bertugas mewawancarai 2-6 responden pada setiap desa atau kelurahan," terangnya.

3. Berpasangan dengan siapapun survei ini menyebut Ganjar tetap menang

Hasil Survei PRCI di Lamongan, Ganjar Unggul dari Anies dan Prabowo Mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (IDN Times/Gregorius Aryodamar)

Firdaus mengungkapkan, tingkat elektabilitas Ganjar Pranowo naik di Lamongan karena nama Ganjar Pranowo sangat populer di masyarakat Lamomgan. Masyarakat mengetahui Ganjar Pranowo melalui media sosial dan televisi. Sedangkan untuk Prabowo Subianto masyarakat Lamongan sudah mengenalnya semenjak ia menjadi wakil presiden mendampingi Megawati Soekarnoputri hingga dua kali mengikuti menjadi calon presiden. Sementara untuk Anies Baswedan, masyarakat Lamongan tak banyak yang tahu hanya para simpatisan nya saja.

"Masyarakat Lamomgan sudah begitu kenal dengan Ganjar Pranowo. Bahkan hasil survei jika Anies Baswedan berpasangan dengan Agus Harimurti Yudhoyono, Mahfud MD, Erick Thohir, Khofifah dan lainnya tidak akan mempengaruhi pemilih di Lamongan," pungkasnya.

Baca Juga: SMRC: Ganjar Didukung Pemilih Kritis, Kalahkan Prabowo dan Anies

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya