Comscore Tracker

Cegah Penyebaran Corona, Polisi Gelar Pemeriksaan di Perbatasan Jatim

Lakukan tes kesehatan di tempat

Tuban IDN Times- Petugas gabungan TNI, Polri, Dinas Perhubungan dan tim Kesehatan Kabupaten Tuban menggelar operasi di perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah, Rabu sore (1/4). Pemeriksaan itu bertujuan untuk menekan penyebaran virus corona. Setiap orang yang melintas dengan kendaraan diperiksa suhu tubuhnya.

Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono mengatakan, ada 35 kendaraan yang diperiksa. Tak cuma pengemudi, tapi juga penumpangnya. "Hari ini pemeriksaan kesehatan, terutama cek suhu tubuh yang kami lakukan bersama forkopimda Tuban," jelasnya.

1. Seluruh penumpang bus diperiksa

Cegah Penyebaran Corona, Polisi Gelar Pemeriksaan di Perbatasan JatimPetugas kesehatan menggelar pemeriksaan kesehatan. IDN Times/Imron

Selain menggelar pemeriksaan kendaraan pribadi, petugas juga memeriksa seluruh penumpang bus antar kota dalam provinsi. Petugas tidak mendapati adanya orang yang mengalami keluhan kesehatan.

"Alhamdulillah hasilnya normal semua suhu badan mereka yang kami cek. Rata-rata berada di angka 37 derajat celsius dan masih aman," imbuhnya.

2. Petugas juga menyemprotkan cairan desinfektan ke mobil dan bus

Cegah Penyebaran Corona, Polisi Gelar Pemeriksaan di Perbatasan JatimPetugas menyemprotkan cairan desinfektan pada kendaraan pribadi. IDN Times/Imron

Setelah memeriksa kesehatan, petugas juga menyemprotkan disinfektan ke kendaraan yang diperiksa. Dengan disinfektan itu, diharapkan biasa menghilangkan virus yang mungkin saja menempel di bodi kendaraan.

"Untuk kegiatan ini akan terus kami lakukan. Di posko kesehatan perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah ini nantinya akan kami tempatkan sejumlah petugas, baik TNI, Polri dan petugas kesehatan," jelas mantan Kapolres Madiun itu.

Baca Juga: Sebut Dokter RSNU Positif Corona, WA Bupati Tuban Bikin Resah Warga

3. Dirikan posko kesehatan di perbatasan provinsi

Cegah Penyebaran Corona, Polisi Gelar Pemeriksaan di Perbatasan JatimKapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono saat memberikan keterangan kepada wartawan. IDN Times/Imron

Perwira polisi berpangkat dua melati di pundak itu melanjutkan, posko kesehatan itu juga punya ambulans yang akan terus siaga. Jika ada orang yang mengalami gejala demam, dia akan segera dibawa ke rumah sakit terdekat.

"Nanti mekanismenya petugas medis yang menangani, mungkin bisa saja diberikan pengobatan atau dirujuk ke rumah sakit," terangnya.

4. Terus menggelar patroli ke warung kopi

Cegah Penyebaran Corona, Polisi Gelar Pemeriksaan di Perbatasan JatimPetugas kesehatan menggelar pemeriksaan kesehatan. IDN Times/Imron

Tidak lupa, Ruruh juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Tuban agar tetap mematuhi aturan. Seperti membatasi aktivitas di luar rumah dan tidak menggelar kegiatan yang dapat mengakibatkan kerumunan massa.

"Pasti imbauan terus kami lakukan, bahkan anggota kami terus menggelar patroli ke warung kopi," pungkasnya.

Baca Juga: Teror Warga, BPBD Tuban Musnahkan Sarang Tawon Ndas di Dua Lokasi

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya