Ikan Pari Dilindungi Mati Tersangkut Jaring Nelayan di Lamongan

Ikan ini juga termasuk ikan yang terancam punah

Lamongan, IDN Times - Seekor ikan pari jenis manta ditemukan tersangkut jaring perahu nelayan di perairan laut utara, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Sabtu (23/7/2022). Akibatnya, ikan berukuran besar tersebut mati dan kini telah dievakuasi oleh sejumlah nelayan ke bibir pantai.

1. Ikan pari yang mati ikan yang dilindungi

Ikan Pari Dilindungi Mati Tersangkut Jaring Nelayan di LamonganIlustrasi kapal nelayan, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan. IDN Times/Imron

Staf Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Denpasar, Muhammad Dikyah Fadillah mengatakan, ikan pari yang tersangkut jaring nelayan itu termasuk ikan pari jenis manta yang dilindungi. Hal ini sesuai dengan Kepmen Kelautan dan Perikanan Nomor 4/2014 tentang Penetapan Status Perlindungan Penuh Ikan Pari Manta.

"Sebenarnya ada dua jenis ikan pari manta, yakni manta karang (Manta alfredi) dan pari manta oseanik (Manta birostris). Keduanya ditetapkan berdasarkan pada kriteria jenis ikan yang dilindungi seperti diatur dalam PP No. 60/2007 tentang Konservasi Sumber Daya Ikan," katanya.

2. Pari manta terancam punah

Ikan Pari Dilindungi Mati Tersangkut Jaring Nelayan di LamonganIkan pari dilindungi mati tersangkut jaring nelayan Lamongan. Dok Istimewa

Dikyah menjelaskan, ikan ini juga termasuk ikan yang rawan terancam punah dan juga katagori biota laut langka serta daerah penyebarannya pun terbatas (endemik). Selain itu, hewan ini tingkat kemampuan reproduksinya juga sangat rendah. "Ikan ini tergolong rawan punah dan kami juga belum bisa memastikan penyebab matinya ikan ini," terangnya.

Sementara menanggapi matinya ikan yang dilindungi tersebut BPSPL masih belum bisa memastikan penyebab kematiannya.

Baca Juga: 5 Tempat Scuba Diving Terbaik di Pulau Komodo, Bisa Lihat Pari Manta!

3. Ikan pari yang mati sudah dievakuasi ke pesisir pantai

Ikan Pari Dilindungi Mati Tersangkut Jaring Nelayan di LamonganIlustrasi kapal nelayan, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan. IDN Times/Imron

Sementara itu terpisah Ketua Himpunan Nelayan Tradisional Indonesia (HNTI) Lamongan, Muchlisin Amar menjelaskan, ikan pari tersebut tersangkut jaring nelayan pada malam hari, sekitar 17 mil dari pantai Paciran. Kemudian oleh nelayan ikan itu dibawa ke bibir pantai sekira pukul 07.00 WIB tadi.

"Ikan pari dengan ukuran yang sangat besar seperti ini jarang kita temukan di perairan Lamongan. Dan yang saya tahu tadi ikan pari besar ini sampai diangkut oleh 15 orang, ukurannya sekitar 5 meter," pungkasnya.

Baca Juga: 6 Tempat Terbaik Berenang dengan Ikan Pari Manta di Indonesia

Imron Saputra Photo Community Writer Imron Saputra

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya